UMKM Kediri, Tingkatkan Daya Saing

0
STUDI BANDING: Wali Kota Kediri Abu Balar menunjukkan kemajuan UMKM di Kota Kediri yang kepada rombongan tamu dari Kabupaten Pacitan. (zaenal/kadenews.com)

KEDIRI-kadenews.com: Memiliki populasi yang besar menjadikan Indonesia pangsa pasar yang “seksi” bagi produk luar negeri.

Mengikuti perkembangan di Indonesia yang luar biasa, membuat Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendorong UMKM Kota Kediri untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasarnya. Cara yang diambil wali kota yang biasa disapa Mas Abu ini dengan mensinergikan Pemerintah Kota Kediri dan Kadin Kota Kediri.

“Saya berfikir bagaimana orang Kediri lebih kreatif. Saya ajak ketemu Kadin untuk bicarakan ini,” ujarnya

Salah satu cara memperluas pasarnya dengan mengikutkan produk UMKM Kota Kediri dalam berbagai pameran. “Setelah ikut pameran pelaku UMKM ini dapat meningkatkan daya saingnya. Karena bisa belajar dari berbagai produk yang ada dalam pameran. Akhirnya mereka dapat memperbaiki kualitas produk maupun packagingnya” ungkap walikota muda berusia 37 tahun ini.

Wali Kota berlatar belakang pengusaha ini, juga mengimbau untuk UMKM memasarkan produknya secara online, agar pangsa pasarnya semakin luas. “Namun yang dijual harus produk yang diproduksi dalam negeri. Agar hasilnya juga berdampak,” ungkapnya.

Mas Abu mengungkapkan saat ini UMKM di Kota Kediri juga berkembang pesat. Bahkan saat ini UMKM berjumlah 38.806 usaha. Berkembang pesatnya UMKM ini juga berdampak pada turunnya kemiskinan di Kota Kediri sebesar 0,11%.

Melihat hal tersebut, Jumat (19/1) Bupati Pacitan Indartato beserta jajarannya bersama Kadin Kabupaten Pacitan mengadakan kunjungan Business to Business ke Kota Kediri.Kegiatan itu  diikuti UMKM Kota Kediri dan Kabupaten Pacitan, bertempat di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

Diungkapkan Bupati Pacitan Indartato kunjungan ini dimaksudkan agar Pemerintah dan Kadin Kabupaten Pacitan mengetahui  bagaimana Kota Kediri memperkuat UMKM-nya.

“Jadi tujuan ke sini untuk belajar. Dipilihnya Kota Kediri karena perkembangan usaha di sini sangat pesat. Makanya kami semua ingin belajar,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini juga dipamerkan berbagai produk UMKM dari Kota Kediri dan Kabupaten Pacitan. (nal)