Sang gitaris telah tiada….

0
582
views
Eddie Clarke , saat usia muda

GITARIS Motorhead Meninggal Dunia

Laporan : Iwan Wahyu (Tio)

Jakarta,  kadenews.com. 12-01-2018

~ Agak mengejutkan, Eddie Clarke Eks Gitaris Motorhead Meninggal Dunia

Eddie Clarke eks gitaris Motorhead meninggal di usia 67 tahun pada Kamis (11/1) kemarin.

“Usai menderita penyakit pneumonia atau yang dikenal dengan paru-paru basah” tulis Tio mengutip beberapa sumber.

Sang gitaris di usia senjanya.

~ Selama ini Clarke dikenal sebagai satu-satunya personel lawas Motorhead yang masih hidup. Vokalis Ian ‘Lemmy’ Kilmister dan penggubuk drum Phil Taylor meninggal pada 2015.

~ Dalam keterangan Facebook yang mengabarkan kematian Clarke, disampaikan bahwa ia meninggal di rumah sakit di tengah perawatan sakit paru-paru. Namun, tidak disampaikan di mana gitaris yang diberi julukan Fast Eddie karena permainannya itu dirawat sampai meninggal.

~ Clarke mengikuti jejak awal Motorhead, band yang pertama dirilis di London pada 1975. Ia turut berkarya dalam album-album terkenal dari Motorhead, termasuk Ace of Spades dan No Sleep ’til Hammersmith. Ia juga ikut membidani lahir lagu Motorhead pada 1981.

~ Sayangnya, Clarke tidak selamanya bernaung di bawah Motorhead.

Mengutip Reuters, Clarke meninggalkan Motorhead pada 1982, di tengah band itu mencapai puncak kejayaannya. Ia kemudian membentuk band baru yang dinamakan Fastway.

~ Lihat juga: IU Kenang Jonghyun SHINee di Golden Disc Awards 2018

Genrenya berbeda jauh. Tidak lagi metal keras seperti Motorhead, Fastaway lebih nge-blues. Sejak itu Clarke lebih banyak bermain musik blues ketimbang metal.

Eddie Clarke , saat usia muda

~ Ia bahkan punya album blues sendiri, Make My Day, Back to Blues. Album yang dirilis pada 2014 itu merupakan karya terakhir dari sang musisi.

Phil Campbell yang juga pernah menjadi gitaris Motorhead sejak 1984 sampai 2015 mengungkapkan duka cita atas kematian pendahulunya, seperti diberitakan Team Rock.

“Permainan gitarnya pada reff musik menginspirasi banyak orang dan akan tetap dikenang di hati kita. RIP ‘Fast’ Eddie Calrke.” ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here