Kebut Vaksinasi PMK Tahap 2, Diutamakan Hewan yang Sehat

0
ANTISIPASI PMK: Petugas bersama peternak seusai vaksinasi sapi di kandang.

BATU – KADENEWS.COM : Dokter hewan bersama Tim Vaksinator terus melakukan penyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap kedua di wilayah hukum Polres Batu.

Pemerintah Kota Batu telah menerima bantuan 10 ribu dosis vaksin PMK tahap kedua untuk mengantisipasi dan mengendalikan penyebaran PMK di Kota Batu.

Menurut Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin vaksinasi ini tidak terfokus pada daerah yang sudah ada kasus PMK saja, tapi juga di daerah yang bebas PMK. Dan utamanya pada hewan sapi yang sehat.

“Memang dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Petugas kepolisian dan satgas PMK terus melakukan berbagai daya dan upaya. Selain tetap melakukan penjagaan di perbatasan, juga melakukan pengobatan dan pencegahan” terang Oskar di sela-sela kegiatan pada Selasa (2/8/2022).

Selain itu, tim vaksinator yang terdiri dari dokter hewan, vaksinator si Dokkes, babinsa, bhabinkantibmas, BPBD, Koas FKH UWK, mahasiswa Unitri dan TPP terus bergerak melakukan vaksin ternak di wilayah yang berbeda-beda.

Bahkan tim vaksinator yang terbagi 5 tim ini terus melakukan penyisiran setiap hari untuk menuntaskan target vaksin hewan ternak sekaligus untuk memutus mata rantai penyakit PMK ternak di wilayah hukum Polres Batu

Sementara dari giat vaksin yang dilakukan tim vaksinator telah menyisir di wilayah Desa Songgokerto, Desa Oro-oro Ombo, Desa Tlekung, Desa Tulungrejo, 45, Desa Punten,15, Desa Bulukerto dan Desa Gunungsari dengan target 872 ekor. (usamah/ian)