Gubernur Jatim dan Wali Kota Batu Kawal Vaksinasi PMK Tahap Kedua

0
363
views
VAKSINASI: Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko bersama Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa meninjau vaksinasi PMK Tahap 2 di Kandang Komunal Desa Tulungrejo, Senin (25/7/2022).

BATU-KADENEWS.COM:  Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, mendampingi Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa, meninjau pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tahap kedua di Kandang Komunal Desa Tulungrejo, Senin (25/7/2022).

Di Kandang Komunal ini, terdapat dua Poktan, Gunung Harta dan Wonorejeki. Gubernur Jawa Timur, mengawal langsung distribusi vaksin PMK di Jatim sebagai upaya memutus rantai penularan penyakit tersebut.

Khofifah menegaskan, prioritas penyuntikan vaksinasi ini diutamakan bagi sapi perah karena mempengaruhi produksi dan perekonomian para peternak.

Gubernur juga mengatakan, pemberian vaksin PMK untuk sapi membutuhkan tiga kali vaksinasi. Tahap pertama dilakukan pada 25 Juni 2022, kali ini vaksin tahap kedua diberikan kepada sapi setelah sebulan pemberian vaksin tahap pertama. Sedangkan tahap ketiga akan diberikan setelah enam bulan pemberian vaksin kedua.

“Dari 600 ribu vaksin yang didapat oleh Provinsi Jawa Timur langsung didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Dan Kota Batu mendapatkan porsi 10 ribu vaksin,“ rinci Khofifah

Khofifah berharap vaksin lokal dari Pusat Veteriner Farma (Pusverma) bisa segera merampungkan satu juta dosis vaksin lokal pada akhir Agustus sampai Oktober.

“Para Peternak bisa tenang, karena vaksin sudah banyak didistribusikan. Obat-obatan sudah mulai turun, Konjen Australia juga akan mengirimkan obat-obatan melalui Pemerintah Pusat,” kata Khofifah.

Sementara itu, Wali Kota Batu menjelaskan, menurut para peternak ketika divaksin, nafsu makan sapi bertambah dan produksi susunya meningkat.“Semoga vaksin terus terdistribusi sehingga sapi-sapi terus sehat,” harap Dewanti. (usamah/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here