Separo Koperasi di Lumajang Belum RAT

0
81
views
DIKLAT: Pemateri dari UPT Pelatihan Koperasi LKM Provinsi Jawa Timur, Pramadavita Andini, MM. (Foto: Rini Djamillah/kadenews.com)

LUMAJANG‐KADENEWS.COM: Jumlah koperasi di Kabupaten Lumajang yang aktif hanya 417 dari 627 koperasi yang ada. Berarti ada 210 koperasi tak aktif. Hingga Juli 2022, yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya separonya.

“Koperasi yang sudah berbadan hukum, wajib melaksanakan RAT tiap tahun. Jika tiga tahun berturut- turut tidak menggelar RAT akan direkomendasikan untuk dibubarkan, walau itu tidak mudah,” terang Katemun Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Lumajang di acara pembukaan Pendidikan dan Latihan ( Diklat) Perkoperasian di Aula Gedung KPRI Dwija Sejahtera Lumajang, belum lama ini.

Oleh karena itu, pihaknya selama tahun 2022 memprogramkan lima kali kegiatan Diklat Perkoperasian dan dua kali Diklat Akuntansi. Diklat kali ini dilaksanakan tiga hari, 19-21 Juli 2022 , dengan peserta 40 orang dari Koperasi Wanita, dan koperasi baru.

“Ini pelatihan yang ketiga, dengan harapan ada pengkaderan sumberdaya manusia koperasi, baik pengurus, pengawas maupun anggota,” tambah Katemun.

Pemateri dari UPT Pelatihan Koperasi LKM Provinsi Jawa Timur, Pramadavita Andini, MM. Materi yang disampaikan tentang Jati Diri Koperasi dan Peraturan Khusus serta Koperasi Go Digital.

Katemun berharap, perwakilan yang ikut pelatihan ini akan bisa membagikan ilmunya kepada anggota dan pengurus serta pengawas koperasi.(rini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here