Wabup Pamekasan Launching Rumah Restorative Justice

0
300
views
Wakil Bupati Pamekasan, RB Fattah Yasin, didampingi Kajari Pamekasan, Muhlis, saat launching Rumah Restorative Justice.

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Wakil Bupati Pamekasan, RB Fattah Yasin melaunching rumah Restoraktive Justice (RJ/Rumah Keadilan) untuk 13 Kecamatan didirikan Kejaksaan Negeri Pamekasan.

 

Launching ditandai penandatangan berdirinya lembaga Rumah RJ di tiap-tiap kecamatan secara simbolis diwakili Camat Pamekasan, Rahmad Kurniadi, diikuti Kepala Kejaksaan (Kajari) Pamekasan, Muhlis, SH dan Wabup Pamekasan, RB Fattah Yasin.

Kajari Pamekasan, Muhlis mengatakan, didirikan Rumah RJ untuk menyelesaikan perselisihan antar warga dalam menciptakan rasa keadilan dan kedamaian di tengah masyarakat.

Dijelaskan, penanganan secara restorative justice, mengedapan peran kepala desa bersama aparatnya, termasuk tokoh agama dan masyarakat ini permasalah dalam pidana umum hukuman di bawah 5 (lima) tahun.

“Pertikaian itu dibawa ke meja hijau, tidak akan selesai sampai kiamat. Yang satu dimasukan penjara.Yang satu tidak, maka sakit hati. Kalau persolan kecil diselesaikan secara adat, persilihan ini selesai (sirna, Red),” ujarnya.

Pada rumah restorative justice, pihak kejaksaan tupoksi penyelesaian pada tahap II (dua), setelah penyerahkan tersangka dan barang bukti dari Kepolisian dengan batas tenggang selama 14 hari.

Wabup Pamekasan, RB Fattah Yasin mengatakan, pemerintah daerah mendukung berdiri Rumah RJ karena ini merupakan niat baik pak Jaksa Agung RI bertujuan menangani permasalahan hukum di mulai dari bawah.

“Maka masyarakat dan pemerintah daerah harus maksimal. Makna dari Rumah RJ sebuah pendekatan mengurangi kejahatan. Menggelar pertemuan antara korban dan tersangka untuk menyelesaikan masalah,” katanya.

Fattah Yasin, berharap, kegiatan Rumah RJ di tiap kecamatan ini dibutuhkan peranan kepala desa, termasuk aparat juga masyarakat dalam mendamaikan korban dan tersangka dengan melibat tokoh-tokoh masyarakat.

Launching Rumah RJ sebagai tindak lanjut Peraturan Jaksa Agung RI, Nomor 15 Tahun 2020, di Peringitan dalam Ronggosukowati Pamekasan-Madura, Jawa Timur. Hadir pula Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, Sekdakab Pamekasan, Camat se Pamekasan, Ketua IKASA dan PERKASA. (pras/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here