Ini Jadwal dan Syarat PPDB SMPN di Kabupaten Malang

0
420
views
SMPN 1 Turen, salah satu SMP yang melaksanakan PPDB Tahun Ajaran 2022-2023.

MALANG-KADENEWS.COM: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  SMPN tahun ajaran 2022/2023 di Kabupaten Malang menggunakan sistem online. “Selama menjalankan proses PPDB,  tetap harus  dari menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer,” ujar Koko Subagio, Spd, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, kemarin.

Selama PPDB, lanjut Koko, tiap-tiap SMP wajib memampang banner syarat pendaftaran untuk mengikuti program PPDB. SMPN di wilayah Kabupaten Malang di antaranya SMPN 1 dan SMPN 2 Turen, SMPN Gedangan, SMPN 1 Wajak, SMPN 1 dan SMPN 2 Sumberpucung, SMPN 1 Singosari  dan SMPN 1 Lawang.

“Semua SMPN wajib mentaati aturan yang berlaku yang sudah di tetapkan oleh pemerintah,” tegas Koko Subagio.

Bagi calon siswa dan siswi juga Wali Murid yang mendaftarkan PPDB Malang tahun ajaran 2022/2023 secara online simak simak jadwal lengkap dan ketentuan yang berlaku untuk melengkapi berkas pendaftaran PPDB Kab. Malang.

“Jadwal PPDB SMPN di Kabupaten Malang tahun ajaran 2022/2023 melalui https://smp.ppdbmalang.id,” jelas Koko Subagio.

Tahap Pra-Pendaftaran dan Biodata.

1. Pendaftaran dan pengunduhan token oleh operator SD/MI mulai tanggal 12-14 April 2022.
2 Pembagian token dari Operator SD/SMP kepada calon peserta murid batu melalui SMS. WhatsApp, email, dll 13-16 April 2022.
3. Pengisian biodata dan titik koordinat murid baru 23-28/4/2022.
4.Pengecekan dan akurasi titik koordinat oleh Panitia PPDB 10-14/ 5/2022.
5. Pengambilan token lulus SD/MI dari dalam kabupaten Malang atau luar Kabupaten Malang juga sebelumnya untuk pilihan SMPN ke 1 (pilihan satu) tanggal 10-14/5/2022.

Ketentuan Umum

Berikut adalah kriteria umum yang berlaku dari pelaksanaan PPDB SMPN Malang Tahun Ajaran 2022/2023.

1. Calon peserta didik baru harap untuk mempertimbangkan antara jarak tempat tinggal dengan sekolah yang akan dipilih
2. Calon peserta didik baru yang akan mendaftar PPDB SMPN Kabupaten Malang harus memiliki Token untuk mendaftar pada web PPDB.
3. Username dan Token sifatnya rahasia dan tidak diberitahukan kepada orang yang tidak berhak.
4. Calon peserta didik baru dapat memilih dan menentukan urutan sekolah yang diinginkan, maksimal 2 (dua) sekolah dari 76 SMPN di Malang
5. Calon peserta didik baru yang telah diterima wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.
6. Apabila calon peserta UN didik baru yang diterima tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri.

Ketentuan Khusus

Selain ketentuan umum di atas, siswa pendaftar PPDB Online SMP Malang Tahun Ajaran 2022/2023 perlu memperhatikan ketentuan khusus pada jalur yang diminati.

Berikut ketentuan khusus dari masing-masing jalur penerimaan PPDB Online SMP Malang sebagai mana rapat dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ungkap Koko Subagyo, didampingi Sekretaris Dinas Suwandi dan Slamet Ebut. 13/5/2022.

Ketentuan Khusus Jalur Zonasi

1. Jalur Zonasi memiliki kuota paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah.
2. Calon peserta didik baru jalur zonasi dapat memilih 2 (dua) pilihan sekolah tujuan dalam zonasi dan/atau di luar zonasi.
3. Calon peserta didik baru jalur zonasi ditentukan berdasarkan jarak yang diukur dengan aplikasi google maps, google fit, strava atau aplikasi lain
4. Pemberian skor jarak antara 200 – 0, berdasarkan kedekatan tempat tinggal ke sekolah tujuan dengan kelipatan setiap 100 (seratus) meter dikurangi 1 (satu) skor;
5. Calon peserta didik baru berdasarkan Kartu Keluarga (KK) orang tua/wali dan tinggal bersama orang tua/wali, dengan ketentuan Kartu Keluarga diterbitkan minimal 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB, diberikan tambahan skor, sebagai berikut.

5.A. Dalam satu RT (Rukun Tetangga) dengan sekolah tujuan ditambah skor: 40;
5.B. Dalam satu RW (Rukun Warga) dengan sekolah tujuan ditambah skor: 30;
5.C. Dalam satu desa/kelurahan dengan sekolah tujuan ditambah skor: 20.

Ketentuan Khusus Jalur Perpindahan Orang Tua/calon Wali murid ;
1. Jalur perpindahan Tugas Orang Tua/ Calon Wali Murid dikhususkan untuk calon siswa/murid lulusan SD/MI luar Malang yang orang tua / wali pindah tugas dari Kab/kota lain menuju Kab. Malang saat melaksanakan PPDB.
2. Alur perpindahan calon wali murid memiliki kuwota 5% dari daya tampung sekolah yang di tuju.
3. Perpindahan surat tugas dari instansi atau lembagaorang tua calon wali murid.
4. Penentuan peserta didik dalam jalur pindah tugas orang tua di prioritaskan pada jarak tempat tinggal yang terdekat dengan tempat sekolah.
5. Dalam hal sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua, maka sisa kuota dapat di alokasikan untuk anak guru/tenaga kependidikan. (sam/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here