Masyarakat Terdampak Semeru Bakal Dapat Bantuan Berbasis Tunai Rp 1,5 Juta per KK

0
83
views
MODAL USAHA: Sosialisasi bantuan berbasis tunai dari PMI bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru di Balai Desa Sumberwuluh, Candipuro.

LUMAJANG-KADENEWS.COM:
Rencana International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) – Federasi Palang Merah Internasional, memberikan Livelihood atau bantuan berbasis tunai bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru, saat ini masuk tahapan sosialisasi.

Dua desa terdampak langsung, Supit Urang Pronojiwo dan Desa Sumber Wuluh Candipuro. Sosialisasi dilakukan PMI Kabupaten Lumajang di Balai Desa Sumber Wuluh Candipuro, belum lama ini.

Wakil ketua PMI kabupaten Lumajang bidang organisasi Didik Supribadio menyampaikan sosialisasi ini diharapkan bisa mencerahkan ketua RT, ketua RW dan pemerintah desa dalam melaksanakan tugas mencocokkan data calon penerima.

“PMI kabupaten Lumajang dalam program ini sebagai pelaksana, penyandang dananya dari Federasi Palang Merah Internasional.Datanya disediakan oleh BPPD Pemkab Lumajang,” terang Didik Supribadio, wakil ketua PMI kabupaten Lumajang.

Koordinator Desa Sumberwuluh Hany menjelaskan bantuan berbasis tunai ini untuk modal kerja, agar warga terdampak langsung erupsi Semeru bisa bangkit ekonominya.

“Program bantuan tunai PMI ini tahapannya sosialisasi dengan pemerintah desa, calon penerima manfaat, registrasi calon penerima manfaat, verifikasi, publikasi data penerima dan kartu undangan dan wesel untuk mengambil di PT Pos Indonesia”, terang Hany.

Sementara itu Ketua Posko Program Pemulihan Erupsi Semeru Nurhadi Santoso, SP menjelaskan data calon penerima dari BPBD pemkab Lumajang sebanyak 1951 KK.

“Sasarannya di Desa sumber wuluh ada tiga dusun, yakni Kajar Kuning, Kebondeli, dan Kamar Kajang. Di Supit Urang juga ada tiga dusun yakni dusun Gumukmas,Curah Koboan dan dusun Sumbersari”, terang Nurhadi Santoso.

Rencana bantuan berbasis tunai bagi masyarakat terdampak erupsi Semeru, per KK sebesar Rp 1.500.000. (rin/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here