Program DREF IFRC, Percepat Pemulihan Bencana Erupsi Semeru

0
64
views
ANTUSIAS: Program Promosi Kesehatan dan Promosi Kebersihan di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

LUMAJANG-KADENEWS.COM:
PMI Kabupaten Lumajang terus menjalankan tugas kemanusiaan di lokasi bencana Erupsi Gunung Semeru. Selain pembangunan hunian sementara (huntara) dan pelayanan dapur umum, ada beberapa program upaya pemulihan bencana tersebut.

Di antaranya, Program The Disaster Response Emergency Fund (DREF) International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC).

Meliputi Program WASH (Water and Sanitation Hygiene) berupa kegiatan perpipaan di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Program tersebut disertai sosialisasi Promkes (Promosi Kesehatan) dan Promkeb (Promosi Kebersihan) di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Selain itu juga dilaksanakan program Livelihood (penghidupan masyarakat) berupa bantuan berbasis yunai sebagai modal usaha bagi penyintas.Tujuanya agar mereka bisa bangkit kembali semangatnya untuk berusaha dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 10 April sampai 31 Meii 2022.

“Program ini merupakan program PMI yang dananya bersumber dari bantuan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) melalui PMI Pusat”, terang Kepala Posko Pemulihan PMI kabupaten Lumajang Nur Hadi Santoso, SP, Sabtu (16/4/2022).

PAVINGISASI: Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemulihan kehidupan penyitas Erupsi Semeru.

Ia menambahkan, semua bantuan dari federasi melalui PMI pusat itu untuk membantu penyintas Erupsi Semeru agar bisa cepat bangkit kembali semangatnya, untuk mandiri mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Tak hanya itu kata Nur Hadi, program di masa pemulihan itu juga untuk pemenuhan air bersih bagi masyarakat. Pelaksanaan program di lapangan dilakukan oleh PMI Kabupaten Lumajang dengan pendampingan dan pengarahan dari IFRC, PMI Pusat serta PMI Provinsi Jawa Timur. (rini/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here