Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Besok, Muhammadiyah dan Arab Sekarang

0
PENENTUAN AWAL PUASA: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (dua dari kiri) saat memimpin sidang isbat secara luring dan daring di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

JAKARTA-KADENEWS.COM : Pemerintah mrmutuskan  awal ibadah puasa jatuh pada Minggu (3/4/2022). Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) sore.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Menurut Yaqut, berdasarkan pantauan hilal di 101 titik di 34 provinsi, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, tetapi belum memenuhi kriteria MABIMS baru. Yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat, serta laporan rukyatul hilal.

“Oleh karena itu, secara mufakat ditetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu, Red), 3 April 2022,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memimpin sidang isbat secara luring dan daring di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Yaqut menambahkan, berdasarkan pemaparan dari Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada pada poisisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10,02 menit. Ini merupakan posisi hilal berdasarkan metode hisab.

Sidang isbat ini melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Muhammadiyah 2 April

Sedangkan Muhammadiyah mulai melaksanakan ibadah puasa pada Sabtu, 2 April 2022. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan jadwal puasa pada Ramadhan 1443 Hijriyah dan Idul fitri lewat maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan Syawal dan Zulhijah 1443 H.

-1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu Pon, 2 April 2022 M.

-Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin Pon, 2 Mei 2022 M.

Ketetapan tersebut didasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Arab Saudi 2 April

Sementara itu, Kementerian Agama Arab Saudi menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 Hiriyah atau 2022 Masehi dimulai pada Sabtu 2 April waktu setempat.

Seperti dilansir Arab Saudi News, penetapan tersebut dilakukan setelah Kementerian Agama Arab Saudi melihat hilal di beberapa lokasi pada Jumat (1/4) malam.

Informasinya, masyarakat di Arab Saudi akan menjalankan aktivitas di bulan Ramadan tanpa aturan ketat jaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19. (sam/kps/sr/ian)