SDN Selodakon 02 Siapkan Pelaksanaan AKM , Ini Harapan Kepala Sekolah

0
323
views
Kepala SDN Selodakon 02 Turyanto S.Pd.

JEMBER-KADENEWS.COM: Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tentang pelaksanaan ujian sekolah mendapat respon positif di tingkat lapisan bawah.

Seperti yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Selodakon, Kecamatan Tanggul, Jember, Sabtu (13/11/2021).
Dalam SE Kemeristekdikti Nomor 1 Tahun 2021 tersebut mengharuskan Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Kompetisi Minimum (AKM). UN terdiri dari AKM Literasi-Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Informasi dari ketiganya diharapkan dapat mendorong perbaikan mutu pembelajaran peserta didik,” ujar Turyanto S.Pd , kepala Sekolah SDN Selodakon 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.

Menurut Turyanto, siswa di sekolahnya yang terpilih mengikuti AKM sebanyak 30 siswa. “Angka itu sesuai dengan data dari Kemendikbud. SDN Selodakon 02 Kecamatan Tanggul ada 30 peserta dari Kelas V yang terpilih untuk mengikuti AKM,” jelas Turiyanto.

Saat AKM lanjutnya, ada dua tahapan dalam pelaksanaanya, masing-masing mendapatkan dua sesi, sesi Literasi dan sesi Numerasi. “SDN Selodakon 02 jauh sebelum AKM sudah melakukan persiapan lebih dini, terutama kesiapan perangkat teknologinya berupa komputer dan laptop. Sehingga tidak ada kendala saat untuk pelaksanaan hal itu,” jelasnya.

Ia berharap , meski sudah melakukan persiapan awal siswa tetap mengikuti AKM sesuai juknis yang telah digariskan sesuai SE Kemendiknas Dikti. “Peserta bisa menjadi wakil dari anak siswa lainya yang tidak bisa ikut jadi peserta AKM, dan terpenting lagi menjaga nama baik sekolah ,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa mengaku sangat setuju dengan adanya AKM untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia digital .
“Setuju sekali , mengingat sekarang sudah era digital, yang mana internet sudah menjadi kebutuhan primer , sehingga di butuhkan kolaborasi, sinergi dan akselerasi , kesepahaman antara Guru dan wali murid,” tutur Muji salah satu orang tua, peserta AKM  Mohammad Nauval.

Ia berharap , kepada semua orang tua siswa dan siswanya untuk tetap menjaga Prokes, contohnya dengan rajin mencuci tangan dan pakai masker. (wk/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here