Apresiasi Pemkab Malang

Bonus Rp 425 Juta untuk 27 Atlet Peraih Medali di PON XX Papua

0
SELAMAT: Bupati Malang Drs HM Sanusi MM memberikan bonus Rp 15 juta untuk atlet peraih medali emas di PON XX Papua.

MALANG-KADENEWS.COM: Bupati Malang Drs HM Sanusi MM memberikan bonus kepada 27 atlet Kabupaten Malang yang meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Pendopo Peringgitan Jl Agus Salim Kota Malang, Jumat (22/10/2021).

Dari 27 atlet peraih medali tersebut di antaranya 16 medali emas, 14 medali perak dan 9 medali perunggu.

Untuk peraih medali emas, Pemkab Malang memberikan bonus Rp 15 juta, sedangkan peraih medali Perak mendapat bonus Rp 10 juta,  peraih medali perunggu mendapat bonus Rp 5 juta.

Peraih medali emas di antaranya di cabang olah raga Dayung Rowing 1 nomor LM2X (diubel scull ringan) atas nama Mahendra Yanto dan Ardi Isadi. Satu medali perak nomor M8 atas nama Mahendra Yanto dan Ardi Isadi dan satu perunggu nomor LM4 juga atas nama Mahendra Yanto dan Ardi Isadi.

Perolehan medali  atlet asal Kabupaten Malang tersebut adalah yang terbesar selama ada PON. Menariknya dalam cabang olah raga dayung, medali emas perak, dan perunggu disabet atlet Kabupaten Malang.

“Kita juga akan galakkan olahraga tinju profesional di Malang yang sempat melegenda seperti Sasana Santana Kepanjen yang merintis sejak lama,” ujar Ketua KONI Kabupaten Malang Rosyidin.

Menurut Rosyidin  jumlah atlet asal Kabupaten Malang yang mengikuti PON mewakili Jawa Timur tersebut mencapai 45 atlet dan 11 official. “Terbesar kedua setelah kota Surabaya,” ujarnya.

Bupati Sanusi mengatakan, atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Malang mengucapkan terima kasih akan prestasi atlet yang  membawa nama Kabupaten Malang di Papua.

“Pemerintah daerah akan terus mendorong pembinaan atlet Kabupaten Malang. Tidak hanya atlet yang berprestasi, tapi juga pembibitan pembinaan atlet di usia dini,” katanya.

Pembinaan perlu dilakukan, kata bupati,  agar Kabupaten Malang menjadi gudang atlet berprestasi. Hal itu dapat dibuktikan dengan munculnya atlet-atlet berprestasi termasuk tinju yang  yang sempat melegenda.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Nazarudin Selian  menjelaskan, Pemkab mengalokasikan bonus Rp 425 juta untuk atlet berprestasi yang berasal dari Kabupaten Malang.

Pemberian bonus tersebut, merupakan bentuk penghargaan Pemkab Malang terhadap atlet berprestasi yang menorehkan prestasi di arena PON Papua, 2-15 Oktober 2021 lalu.

“Mungkin nilainya kecil tapi inilah bentuk rasa terima kasih yang telah membawa nama Kabupaten Malang di arena Nasional PON Papua,” pungkasnya. (sam/ian)