PMI Kabupaten Lumajang

Sosialisasi Bahaya Tsunami untuk Warga Pesisir Pantai Kunir

0
LESEHAN: Sosialisasi bahaya gempa dan tsunami di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kunir.

LUMAJANG-KADENEWS.COM:
Sekitar 90 warga RT 28,29 dan 30 Dusun Tanjungsari, Desa Jatimulyo, kecamatan Kunir mengikuti sosialisasi gempa dan tsunami. Sosialisasi yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang ini sangat perlu karena mereka berdomisili di kawasan pinggir pantai Selatan.

SEMOGA BERMANFAAT: Warga mendapatkan paket hygine kit.

“Sosialisasi ini tujuannya agar mereka tahu dan paham tentang potensi bencana gempa dan tsunami di wilayah pantai Selatan. Paling tidak, mereka tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa dan berpotensi tsunami. Misalkan jalur evakuasi di mana dan Ini untuk meminimalisir korban jiwa,” ujar Nurhadi Santoso, wakil sekretaris PMI Kabupaten Lumajang yang menjadi pemateri.

Menariknya sosialisasi ini dilakukan  di tepi pantai Selatan dengan lesehan. Warga sangat antusias mendengarkan paparan pemateri soal langkah yang dilakukan bila terjadi gempa dan tsunami.

ANTUSIAS: Warga yang keseharian bertani memperhatikan penjelasan pemateri soal langkah yang harus dilakukan bila terjasi tsunami.

Para peserta sosialiasi yang hadir didampingi kepala desa Jatirejo mendapatkan bantuan dari PMI berupa paket hygine kit, dilengkapi flyer,sticker dan brosur informasi seputar gempa dan tsunami serta langkah antisipasinya. (rin/ian)