Bupati Pamekasan Resmikan Mall Pelayanan Publik dan Pelayan Dukcapil Tangguh

0
112
views
TINGKATKAN PELAYANAN: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, didampingi Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rahman dan Forkopimda, di tengah Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

PAMEKASAN – KADENEWS. COM : Pemerintah Kabupaten Pamekasan menuju reformasi birokrasi terus meningkatan pelayanan kepada masyarakat. Di antaranya diresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) dan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) tangguh.

Di acara peresmian itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menekankan, agar pelayanan publik itu harus ekselent, profesional dan bersih dari biaya yang tidak resmi.

“Pelayanan ini harus bersih, bersih betul. Karena dimulai dari yang bersih itu pelayanan akan semakin baik,” ucap Bupati Pamekasan, usai mencoba Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mencetak berbagai jenis dokumen, di Gedung Islamic Center, Jalan Raya Panglegur, Rabu (22/9).

Mas Tamam panggilan akrab Bupati Pamekasan menyampaikan, pihaknya telah mendapat legitimasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kabupaten tercepat mendirikan mall pelayanan publik (MPP) pada tahun 2019. Saat itu, dirinya belum genap 100 hari mengabdikan diri menjadi orang nomor satu di Bumi Gerbang Salam.

Inisiatif mendirikan mall pelayanan publik (MPP) itu tidak lepas dari upaya memberikan pelayanan exelent kepada masyarakat. Karena sebelumnya, masyarakat yang hendak mengurus perizinan usaha, dan layanan lainnya harus diping-pong dari beberapa tempat, tidak terpusat dalam satu tempat. Tentu, kondisi itu akan memperlambat masyarakat yang membutuhkan layanan cepat.

“Makanya dengan adanya mall pelayanan publik ini, masyarakat sudah tidak harus pindah pindah antar dinas ke dinas lainnya, melainkan ada dalam satu tempat. Adanya inovasi itu, kita meraih rekor muri sebagai bupati tercapat mendirikan mall pelayanan publik,” tandasnya.

Bupati mengaku bahagia lantaran mall pelayanan publik saat ini ada layanan tambahan untuk memudahkan masyarakat Pamekasan. Salah satunya adalah dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) yang secara keseluruhan berkantor di gedung Islamic Center dengan beberapa inovasi program barunya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini beralasan mall pelayanan publik yang cepat, profesional, exelent, dan tanpa pungutan. Karena saya berkomitmen pemerintahan di kabupaten ini harus menjadi pemerintahan yang bersih,” tegasnya.

Maka program reformasi birokrasi yang menjadi salah satu program prioritas diantaranya diimplementasikan pendirian mall pelayanan publik. Hanya saja membutuhkan strategi, dan menejemen yang berkebaruan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (pras/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here