Bangkitkan Pariwisata, Jember Launching Angkutan Wisata

0
358
views
PEDULI WISATA: Bupati Jember H Hendy Siswanto mengayuh becak keliling alun-alun.

JEMBER-KADENEWS.COM: Pemerintah Kabupaten Jember melakukan gebrakan pariwisata untuk menarik wisatawan. Program paket wisata ini  untuk lebih mengenalkan obyek wisata.

Salah satunya dengan melaunching Transportasi Konvensional sebagai Angkutan Wisata. Acara ini berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (15/9/2021).

Saat launching, dihadirkan angkutan bus wisata 2 unit, angkutan desa 2 unit, becak wisata 2 dan ojek pangkalan. Masing-masing moda angkutan umum konvensional itu berkeliling dengan trayek berbeda menuju destinasi wisata populer Kabupaten Jember.

Para penumpang terdiri dari awak media, kelompok sadar wisata dan komunitas peduli wisata. Selama perjalanan memutar lagu khas Jember.

Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto dan Wakil  Bupati Gus Firjaun mengayuh becak mengelilingi Alun-Alun Kota.“Sebelum kita berpikir untuk menjaring wisatawan asing, kita harus fokus ke wisatawan domestik terutama masyarakat Jember,” ujar Hendy.

Launching angkutan wisata ini bertujuan untuk menarik minat wisawatan lokal maupun mancanegara. “Biasakan bertutur sopan, bersikap ramah dan menjaga kebersihan seperti di dalam kendaraan dan sebagainya,” terangnya

Ia menambahkan jika sudah terbiasa begitu maka ketika melayani wisatawan mancanegara sudah memiliki habit (kebiasaan) yang bagus.

Menurutnya, perlu ada pelatihan yang berkelanjutan bagi pelaku wisata, angkutan umum, hotel, penginapan restoran dan tempat hiburan lainnya.

“Saya mengusulkan “Tiket Terusan”, yang bisa dipakai untuk melayani wisatawan dalam satu tiket. Bahkan jalin kerja sama dengan wilayah luar. Tiket ini bisa juga berlaku selama setahun,”ungkap Bupati Jember.

Kini Pemkab Jember sedang mengerjakan perbaikan jalan sepanjang 1.000 km untuk mendukung wisata. “Tahun ini kita targetkan tidak ada jalan berlubang,” tegasnya.

Sebelumnya, Plt Kadishub Kabupaten Jember, Siswanto mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu agenda menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2021.

Siswanto menjelaskan, sebelumnya ada pelatihan pengemudi umum, public speaking, kebersihan dan lainnya.  “Kita sudah melakukan pelatihan kepada pelaku-pelaku pariwisata di Jember. Pelatihan ini kami adakan untuk lebih memberi pelayanan kepada wisatawan agar lebih baik. Sehingga Sektor Pariwisata di Jember segera bangkit,” ujar Siswanto. (wk/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here