Gubernur Khofifah Ajak Warga Sekitar Grahadi Nyanyikan Indonesia Raya 

0
BAGIKAN BANTUAN: Gubernur Khofifah mengajak warga sekitar Grahadi menyanyikan lagu Indonesia Raya 

SURABAYA – KADENEWS.COM: Sebelum memulai Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Peringatan HUT Ke-76 RI, Gubernur Khofifah menyempatkan diri membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu di sekitar Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (17/8/2021) sore.

Sebanyak 93 paket sembako  yang dibagikan di antaranya untuk tukang becak, pemulung dan pedagang kecil, serta 10 paket sembako bagi anak-anak.

Sambil membagikan sembako, gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengajak dialog para warga tersebut. Di antaranya menanyakan kapan terakhir mengikuti upacara, atau apakah masih hafal lagu Indonesia Raya.

“Ibu, njenengan kapan terakhir ikut upacara bendera? masih hafal atau tidak dengan lagu Indonesia Raya?,” tanya Khofifah kepada beberapa warga penerima bantuan.

Menanggapi pertanyaan yang dilontarkan Gubernur Khofifah, para warga ada yang berceletuk terakhir melakukan upacara saat SD, ada yang lupa, dan kebanyakan berkata terakhir upacara saat masih berada di bangku sekolah.

Untuk pertanyaan apakah hafal lagu Indonesia Raya?, warga menjawab beragam.  Ada yang hanya tertawa, diam saja, dan ada yang mengaku masih hafal.

Karena itu, seusai membagikan sembako, Khofifah mengajak para warga untuk berdiri dengan mengambil sikap sempurna kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Lantunan Indonesia Raya itu  diiringi oleh Tim Paduan Suara Gita Bahana Nusantara dan Tim Orkestera yang mengisi Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

Tampak, wajah sumringah dari para warga ketika diajak menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Gubernur Khofifah. Bahkan anak-anak yang hadir  ikut menyanyikannya dengan penuh semangat dan lantang.

Khofifah mengatakan, pembagian paket sembako ini merupakan bentuk rasa syukur Pemprov Jatim atas Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. Bahkan kerap kali dirinya beserta jajaran di lingkungan Pemprov Jatim turun membagikan sembako kepada warga dengan sistem dari pintu ke pintu atau door to door.

Khofifah berharap, pemberian sembako itu dapat meningkatkan gizi masyarakat khususnya bagi warga di sekitar Gedung Grahadi yang kurang mampu. Dan sekaligus bisa sedikit meringankan beban selama masa pandemi Covid-19 dan tengah diberlakukannya PPKM Level 4 di Surabaya.

“Paling tidak, bantuan paket sembako ini bisa sedikit meringankan beban hidup mereka akibat dampak pandemi,” ungkapnya.

Salah satu penerima bantuan, Jumaiyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Khofifah atas bantuan sembako yang diberikan kepadanya. Tak hanya berterima kasih, tetapi ia juga merasa sangat senang bisa diundang masuk ke dalam Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Alhamdulillah, saya berusia 60 tahun senang sekali bisa masuk ke Grahadi. Saya tinggal di daerah Pucangan Gang I, tapi berjualan di sekitar Grahadi ini. Dan baru kali ini bisa masuk ke sini,” jelas perempuan yang berjualan kopi di sekitar Grahadi selama 5 tahun tersebut. (ian)