Peringatan Hari Anak Nasional 2021

Anak PAUD Dikenalkan Protokol Kesehatan

0
SERAHKAN SUVENIR : Dari kiri; Kepala Desa Kalianyar Eva Anggraeni, S.Pd, Anggota DPRD Fraksi Demokrat Subangkit Adiputra ST, Kepala Paud Nurul Hamdi bersama anak-anak PAUD.

BONDOWOSO-KADENEWS.COM: Sebanyak 53 anak dari empat PAUD di Desa Kalianyar, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso mengikuti sosialisasi edukasi kesehatan sejak dini menghadapi era pandemi Covid-19. Acara tersebut berlangsung di Balai Desa setempat, Jumat (23/7/2021).

Sosialisasi ini diadakan untuk memperingati Hari Anak Nasional 2021 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan Tagline #AnakPedulidiMasaPAndemi.

Edukasi kesehatan itu disampaikan oleh Bidan Desa Arum Tiyasasih, A.Md.keb. Wanita berhijab itu mengajarkan cara menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan benar. Selain itu, dia menjelaskan pola hidup sehat untuk menjaga imunitas. “Jangan lupa kita semua harus mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi ini,” ajaknya.

Suasana sosialisasi menjadi lebih hidup saat beberapa pertanyaan seputar kesehatan disampaikan oleh ibu-ibu yang hadir menemani anaknya. “Bagaimana cara mencegah virus Corona ini?” tanyanya.

SOSIALISASI EDUKASI KESEHATAN: Dari kiri ; Babinkamtibmas, Sekdes, Anggota DPRD Bondowoso, Kepala Desa Kalianyar, Perawat Desa, Bidan Desa, dan Babinsa (kanan).

Arum Tiyasasih langsung menjawab, cara mencegah virus itu dengan imun yang kuat. Bagaimana agar imun kita kuat, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. “Tidak kalah pentingnya, memutus rantai penyebarannya dengan mematuhi protokol kesehatan ” terang Bidan desa itu.

Anak-anak terlihat ceria dan semangat, meski harus mengikuti rangkaian acara selama 2 jam lebih. Acara dengan menerapkan protokol kesehatan itu dihadiri anggota Fraksi Demokrat Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bondowoso Subangkit Adiputra, ST, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalianyar Eva Anggraeni, S.Pd menegaskan Pemerintah Desa mempunyai tanggung jawab untuk membentuk generasi yang tangguh demi kemajuan Desa Kalianyar ini.

“Di masa pandemi ini, saya ingin anak-anak mengetahui apa protokol kesehatan. Termasuk bagaimana mengantisipasi pandemi ini sehingga mereka juga ikut andil untuk memeranginya,” ujarnya.

Menurut Eva Anggraeni setiap momentum hari-hari besar nasional, di desanya selalu mengadakan kegiatan. “Tujuan untuk memupuk semangat anak-anak di desa ini untuk belajar mengenal dan menghargai sejarah. Harapan kami ke depan bisa melahirkan generasi yang tangguh untuk mendukung gerakan Indonesia maju,” pungkasnya. (eko/ian)