Inovasi Dispendukcapil Kota Pasuruan

Pengantin Baru Langsung Dapat KK Baru Diantar Ojol

0
JALIN KERJA SAMA: Wali Kota Pasuruan Gus Ipul dan Wakil Wali Kota Adi Wibowo bersama Ojol.

PASURUAN-KADENEWS : Kabar gembira bagi pasangan calon pengantin baru di Kota Pasuruan. Pasalnya, mereka bisa cepat mengurus administrasi kependudukan. Pasangan pengantin baru ini langsung mendapat kartu keluarga (KK) baru dan diantar ke rumah masing-masing dengan menggunakan ojek online (ojol).

Inovasi layanan ini bernama “Jalan Berdua” dan baru dilaunching pada Kamis (22/04/2021) di Kantor Dispendukcapil Kota Pasuruan.

TEROBOSAN: .Launching layanan adminduk “Jalan Berdua”.

Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul mengatakan, Dispendukcapil Kota Pasuruan melakukan inovasi meningkatkan capaian penduduk ber-kartu keluarga (KK) dan ber-KTP-EL dengan perubahan status kawin.

Di Kota Pasuruan masih banyak warga yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah karena tidak mau mengurusnya.“Ada 2.480 penduduk Kota Pasuruan yang berstatus nikah tapi belum memiliki surat nikah,” kata Gus Ipul.

Untuk mempermudah layanan itu, Dispendukcapil telah meneken MoU dengan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk implementasi layanan ini.

Dijelaskan, warga Kota Pasuruan yang hendak menikah hanya perlu melampirkan berkas persyaratan perubahan status kawin KK dan KTP-EL ke KUA pada saat pendaftaran nikah.

Setelah pencatatan nikah dilaksanakan, pihak KUA akan menginput data pada aplikasi. Selanjutnya dispendukcapil akan memroses data tersebut untuk diterbitkan KK dan KTP-EL yang baru dengan perubahan status kawin.

“Pengiriman dokumen KK dan KTP-EL yang baru akan diantar ke rumah dengan ojek online secara gratis,” imbuh Gus Ipul.

Sementara itu Plt Kakankemenag DR Munif Armuza berterima kasih dengan inovasi ini. Sehingga pengantin baru bisa mudah mendapatkan KK baru. “KK baru ini bisa mempermudah pengantin baru apabila ada kebutuhan,” ujarnya. (aza/ian)