Bupati Mojokerto Diminta Bantu Percepat Proyek Gerbangkertosusila

0
PEDULI SOSIAL: Gubernur Khofifah bersama Bupati Mojokerto dr. Hj. Ikfina, M.Si didampingi Wabup H. Muhammad Al Barra, LC, M.Hum memberikan santunan kepada pelajar.

KABUPATEN MOJOKERTO – KADENEWS.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan pekerjaan rumah terkait pengembangan kawasan prioritas Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Karena itu, Bupati Mojokerto  dr.Hj.Ikfina Fatmawati Msi dan Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Al Barra, LC, M.Hum untuk mulai mendetailkan tugas dan membantu mempercepat realisasi proyek strategis nasional yang dimandatkan di Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 Tahun 2019.

Pesan itu disampaikan Gubernur Khofifah saat hadir di sertijab Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto di Gedung DPRD Kabupaten Mojokerto, Jumat (5/3/2021).

“Ada PR untuk bupati dan wakil bupati Mojokerto. Pertama yaitu mempercepat pelaksanaan dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dimandatkan Presiden di Perpres No 80 Tahun 2019. Saya sudah sampaikan detailnya, dan kita bersama- sama segera mem-breakdown sebagaimana PMO yang dibuat atau yang ada di Bappeda Provinsi dan di Kemenko Perekonomian,” ujar Khofifah.

Sebagaimana diketahui, di Pepres tersebut, ada tiga prioritas pengembangan kawasan di Jatim. Yang beririsan langsung dengan Kabupaten Mojokerto adalah pengembangan kawasan Gerbangkertosusila.

Total ada 77 proyek strategis nasional di Gerbangkertosusila. Beberapa yang menjadi tugas khusus di Kabupaten Mojokerto di antaranya adalah proyek transportasi publik yang terkoneksi antar daerah di Gerbangkertosusila berupa Surabaya Railways Line. Proyek ini rencananya menggunakan format pembiayaan KPBU dengan nilai investasi Rp 8,3 trilliun.

Selain itu, di Kabupaten Mojokerto juga akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Mojokerto dengan Gempol. Proyek ini juga berformat KBPU dengan nilai investasi Rp 4,8 trilliun. (ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here