Cawabup Sidoarjo Subandi Janji Naikkan Gaji Kades Rp 5 Juta

0
TEBAR PROGRAM: Cawabup Subandi yang diusung PKB. (Foto: satria nugraha/kadenews.com)

SIDOARJO– KADENEWS.COM: Calon Wakil Bupati (cawabup) Sidoarjo Subandi yang diusung diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berjanji menaikkan gaji kepala desa (kades) dan perangkat desa.

Maklum, pria 48 tahun yang berpasangan dengan Calon Bupati Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) ini memang pernah menjadi Kades Pabean, Kecamatan Candi, dua periode.

Subandi, yang sebelumnya adalah ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, mengatakan siap bekerja keras demi mewujudkan cita-cita membangun Sidarjo yang lebih baik bersama Gus Muhdlor.

“Kami niat tulus ingin bersama-sama bangun Sidoarjo yang jauh lebih baik lagi, terutama dengan pemerataan hingga ke desa-desa,” katanya ketika ditemui, Jumat (11/9/2020).

Bapak dua anak ini mengaku telah menyiapkan fisik dan mental untuk menghadapi tahapan-tahapan Pilkada Sidoarjo 2020 yang akan mencapai puncaknya pada 9 Desember 2020 nanti.

Menanggapi tahapan-tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada masa pandemi seperti ini, Subandi mengatakan siap menjalankan protokol kesehatan ketat dalam setiap kegiatan. “Kami sudah berulangkali sampaikan ke tim pemenangan bahwa protokol kesehatan harus diterapkan di tengah situasi seperti ini,” ujar Subandi yang beberapa hari lalu dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil tes PCR di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Berbekal pengalaman menjadi Kades Pabean, Kecamatan Sedati, tentunya menjadi modal penting bagi Subandi untuk menghadapi Pilkada kali ini. Ia paham betul apa kebutuhan desa, apa masalahnya dan solusi yang bisa ditawarkan.

Seperti masalah kesejahteraan warga desa, pelayanan publik yang lebih baik, hingga bagaimana memacu perkembangan infrastruktur desa sehingga menjadi motor penggerak ekonomi.

“Masalah klasik seperti kesejahteraan warga desa yang tidak merata, pelayanan publik hingga kurangnya infrastruktur pendukung ekonomi di wilayah desa akan menjadi fokus dalam membangun Sidoarjo di masa depan jika kami diberi amanah warga Sidoarjo,” papar suami dari dr. Sriatun ini.

Subandi pun punya cita-cita untuk memperkuat pembangunan perdesaan, mulai pembangunan infrastruktur fisik, sumberdaya manusia, hingga pelayanan publik.

”Kami sudah menyiapkan skema percepatan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan ekonomi, sosial, dan pelayanan publik di desa, termasuk tentu infrastruktur teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan publik hingga ke level desa,” paparnya.

Untuk mendukung kinerja para kepala desa dan perangkat desa, Subandi juga akan mengalokasikan kenaikan penghasilan kades dan perangkat desa.

Saat ini, sesuai Perbup Sidoarjo No.77/2018 yang diubah melalui Perbup Sidaorjo No.18/2019 dan Perbup Sidoarjo No. 83/2019 disebutkan penghasilan tetap kades di wilayah Kabupaten Sidoarjo dipatok Rp 3,65 juta per bulan, sedangkan untuk sekretaris desa  Rp 2,555 juta per bulan dan perangkat desa  Rp 2,19 juta per bulan.

Nantinya jika terpilih, Subandi akan mengalokasikan kenaikan pendapatan kades menjadi Rp 5 juta per bulan dan perangkat desa setara Upah Mimimum Kabupaten (UMK) Sidoarjo yang tahun 2020 ini mencapai Rp 4,193 juta per bulan.

Menurutnya kenaikan penghasilan bagi kades dan perangkat desa ini penting untuk mendukung kinerja pelayanan publik di tingkat desa. “Tentunya ini bentuk apresiasi bagi rekan-rekan kades dan perangkat desa karena mereka mengabdi dan bekerja tidak kenal waktu. Bahkan saat hari libur atau malam hari, ketika dibutuhkan mereka harus bekerja melayani masyarakat,” ujar Subandi. (sat/ian)