PKB Rekom Gus Ipul Jadi Calon Wali Kota Pasuruan

0
REKOM: Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki menyerahkan rekom DPP PKB kepada Gus Ipul (kanan) disaksikan Ketua Dewan Suro PKB Kota Pasuruan KH Asyari.

PASURUAN – KADENEWS.COM: Perjalanan mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota Pasuruan berjalan mulus.

Penyerahan rekomendari PKB kepada Gus Ipul  berlangsung di Pondok Pesantren Lecari, Bugul Kidul,Jumat sore (28/8/2020). Acara yang dikemas sederhana itu dihadiri oleh kiai-kiai Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Acara tersebut diawali pembacaan isi rekomendasi oleh Fauzan Fuadi dari DPW PKB Jatim. Intinya, DPP PKB menyerahkan mandat kepada Saifullah Yusuf sebagai calon Wali Kota dan Adi Wibowo sebagai calon Wakil Wali Kota Pasuruan. Adi Wibowo ini calon dari Partai Golkar.

Rekomendasi itu terlebih dahulu diserahkan kepada Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki. Selanjutnya Ismail menyerahkan kepada Gus Ipul. “Penyerahan rekom ini istimewa, diserahkan langsung oleh Ketua DPW Abdul Halim. Beliau juga memberikan motivasi agar PKB bisa meraih kembali kemenangan. Serta mengembalikan Pasuruan sebagai marwah Kota Santri,”ujar Ismail.

Gus Ipul tidak banyak memberikan pernyataan. Hanya menyampaikan terimakasih atas amanah ini. Sementara itu, Abdul Halim yang juga Menteri Daerah Tertinggal mengatakan PKB didirikan oleh Nahdatul Ulama (NU) maka pencalonan Gus Ipul ini untuk memperjuangkan misi NU dan ahlussunnah waljamaah. Perjuangan terhadap NU itu adalah perjuangan terhadap pesantren.

Hadir dalam acara itu KH Asyari Dewan Syuro PKB Kota, KH Mujtabah Abdussomad Dewan Syuro PKB Kabupaten Pasuruan, KH Mujib Imron, Sudiono Fauzan dan beberapa ustadz dan guru ngaji.

Setelah penyerahan rekom, Gus Ipul singgah di rumah Habib Abu Bakar Assegaf. Di tempat tersebut dilakukan  pembacaan tahlil,  tausiyah dari Habib Abu Bakar dan buka bersama.

“Saya memberikan apresiasi kepada Gus Ipul yang turun gunung, yang semata-semata untuk perjuangan jamiyah khususnya NU,” tegasnya.

Seperti diketahui, syarat mengajukan pasangan calon wali kota dan wakilnya minimal memiliki enam kursi di DPRD Kota Pasuruan. Sementara PKB memiliki delapan kursi di DPRD setempat.

Sedangkan rivalnya, pasangan calon Wali Kota Pasuruan  Raharto Teno Prasetyo dan wakilnya Hasjim Asjari juga sudah mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP. Pasangan ini didukung Partai NasDem dan Hanura.

Selain sebagai Plt Wali Kota Pasurua, Raharto  juga Ketua DPC PDI-P Kota Pasuruan. Sedangkan Hasjim Asjari adalah Ketua DPD Partai Nasdem Kota Pasuruan yang juga adik mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrokhman. (aza/ian)