Ini Langkah Sapuhi Jatim dan Kemenag Jelang Umrah 2020

0
DISKUSI UMRAH: Dari kiri; Heri Wibowo, Andono Putro, Nurul Huda (Kabid PHU), Ahmad Bajuri dan Mahsun Zein (Kasi Pembinaan Umrah).

SURABAYA – KADENEWS.COM: Keberangkatan umrah yang rencana dimulai pada September 2020 mendapat perhatian dan pengawasan khusus dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

Kabid PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) Nurul Huda mengatakan,  bila umrah benar-benar dibuka pada  September, Kemenag akan melakukan pengawasan dan perhatian khusus kepada jamaah dan travel.

“Kemenag adalah mitra biro perjalanan umrah dan haji (travel, red). Oleh karena itu, kami siap hadir untuk menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan,” ujar Nurul Huda saat menerima pengurus Sapuhi (Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia) Jatim di kantornya, Selasa (14/7/2020).

Pemerintah berharap para pemilik travel untuk tetap semangat dan bersabar dengan adanya wabah pandemi ini. “Kami bisa merasakan kondisi sulit ini, semoga teman-teman pemilik travel tetap bersabar dan melakukan persiapan bila sewaktu-waktu umrah dibuka,” kata pria asal Pacitan ini.

Jamaah umrah di Jawa Timur ini cukup besar dan butuh travel yang amanah dan profesional dalam melayani jemaah. “Kami senang semangat Sapuhi yang terus menyemangati dan membina anggotanya dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, A. Bajuri, sekretaris Sapuhi Jatim mengatakan, banyak travel anggota Sapuhi yang mulai persiapan untuk menerima pendaftaran umrah. “Semoga September atau Oktober sudah dibuka,” ujar Direktur Utama PT Bakkah Travel.

Ketua Sapuhi Jatim Andono Putro membenarkan pernyataan Bajuri. “Ya, kami hanya tinggal menunggu kepastian dari Arab Saudi. Untuk persiapan umrah tahun ini, kami juga sudah mulai melakukan booking tiket umrah,” ujar Dirut PT Almadinah.

Wakil Ketua Sapuhi Heri Wibowo yang juga hadir dalam pertemuan itu menyatakan akan memprioritaskan memberangkatkan jemaah yang tertunda. “Banyak jamaah kami yang tertunda keberangkatan umrah sejak ditutup 27 Februari 2020,” tukas Direktur Utama PT Arofah Mina. (bjr)