“Semoga Polri Semakin Profesional”

Hari Bhayangkara Ke-74, Bupati Malang Hadiahi Kapolres Tumpeng

0
IKUTI VIRTUAL: Bupati Malang Drs H.M. Sanusi, M.M (kiri) saat menghadiri peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Mapolres Malang, Rabu (1/7/2020). (Foto: usamah/ kadenews.com)

MALANG-KADENEWS.COM: Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-74 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, upacara dengan inspekstur Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dilakukan secara virtual dari Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Upacara ini digelar dengan mematuhi protokol kesehatan itu diikuti secara virtual di 34 Polda dan 493 Polres seluruh Indonesia, salah satu Polres Malang.

Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolres Malang, Kepanjen dihadiri Kapolres AKBP Hendri Umar S.I.K, M.M, Bupati H.M. Sanusi, M.M dan Forkopimda.

ARAHAN KAPOLRI: Suasana peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolres Malang. (Foto: usamah/ kadenews.com)

Pada kesempatan itu, Bupati Sanusi memberikan hadiah tumpeng kepada Kapolres AKBP Hendri Umar. “Melalui semangat Hari Bhayangkara ini semoga Polri semakin profesional dan promote sesuai dengan slogan yang diusung selama ini,” kata Sanusi.

Kapolres mengucapkan terima kasih atas hadiah tumpeng tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih atas hadiah tumpeng ini,” ujarnya.

Tujuh Instruksi Presiden

Saat memimpin upacara, Presiden Jokowi mengenakan jas dipadu peci hitam juga memakai masker hitam.
Hadir Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Idham Aziz hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden Jokowi memberikan amanat kepada jajaran Kops Bhayangkara, yakni berupa tujuh instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Polri.

SELAMAT HUT BHAYANGKARA KE-74; Presiden Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Idham Aziz (kanan) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: repro CNN Indonesia)

“Pertama, terus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, serta menjaga kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri,” tegasnya.

Kedua, lanjut Jokowi, terus melakukan reformasi diri secara total, membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta membangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Ketiga, Presiden Jokowi mengintruksikan agar Polri terus memantabkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen Pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Keempat, terus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat,” kata Presiden.

Kelima, Presiden meminta Polri terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

“Keenam, terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19,” lanjutnya.

Ketujuh, kata Jokowi, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Ucapkan Selamat

Presiden juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74. “Atas nama rakyat, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74 kepada keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun saudara-saudara bertugas, ” ujarnya.

Presiden menyampaikan terima kasih kepada anggota Polri atas sumbangsih dan pengorbannya dalam melaksanakan tugas.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum, dan memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Jokowi.

Pria asal Solo itu mengajak masyarakat mendoakan para prajurit yang gugur saat bertugas.

Selain itu, Jokowi berharap Polri  bersama rakyat berjuang, berikhtiar, dan bekerja keras dalam mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. (sam/ian)