Desa Bulangan Barat, Pilot Project Kampung Tangguh di Pamekasan

0
KAMPUNG TANGGUH : Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, didamping Dandim 0826, Kepala BPMD Pamekasan meresmikan Kampung Tangguh Covid 19. (Foto : Prasetiawan / kadenews.com)

PAMEKASAN – KADENEWS : Desa Bulangan Barat, Kecamatan Pegantenan diresmikan sebagai pilot project Kampung Tangguh Covid-19 di Pamekasan. Di kampung ini masyarakat akan  gotong-royong dan saling bahu-membahu dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Danramil, Kades yang menginisiasi Kampung Tangguh di Desa Bulangan Barat,” kata Kapolres Pamekasan Djoko Lestari, saat meresmikan Kampung Tangguh yang dihadiri Dandim 0826 Pamekasan, Kepala BPMD, BPBD, Kominfo, Satpol-PP Pamekasan dan Camat.

Kapolres menjelaskan, Kampung Tangguh ini merupakan problem solving, di mana peran serta masyarakat sangat aktif dalam upaya pemecahan masalah. Mengingat sekarang ini di wilayah Pamekasan sudah terjadi pandemi Covid-19,

Diharapkan, upaya masyarakat di Desa Bulangan Barat membentuk Kampung Tangguh ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bergotongroyong mencegah penyebaran virus Corona.

Djoko menambahkan, di Kabupaten Pamekasan saat ini sudah terbentuk Kampung Tangguh di Desa Bulangan Barat, Pegantenan, Desa Billaan, Proppo, dan Kelurahan Kangenan di Kecamatan Pamekasan.

Kepala Desa Bulangan Barat, Faisol mengatakan, pihaknya bersama warga menyambut baik dan optimis adanya Kampung Tangguh ini dapat menekan penyebaran Covid-19 di desa-desa khususnya di Desa Bulangan Barat.

Posko di Dusun Utara Desa Bulangan Barat ini dilengkapi ruang isolasi, dapur umum, lumbung pangan dan disiagakan satgas Covid-19 yang senantiasa siap menangani dadurat Covid-19.

“Di posko itu, disiapkan tiga portal di setiap akses jalan masuk menuju dusun Utara ini, dan setiap portal disediakan tempat cuci tangan. Jadi warga setempat maupun dari luar sebelum masuk wilayah ini harus cuci tangan dulu,” tuturnya.

Di Kampung Tangguh disediakan beras 40 sak dengan takaran 5 kg, 10 kg dan mie instan15 kardus. “Kami juga terima bantuan dari Kapolres, Dandim, Kapolsek Pegantenan, serta Camat Pegantenan,” katanya. (pras/ian)