Jelang PSBB, Pemprov Kirim Sembako ke Malang Raya

0
JELANG PSBB: Gubernur Jatim Khofifah memberangkatkan tiga truk mengangkut sembako untuk dapur umum di Malang Raya.

KOTA SURABAYA – KADENEWS.COM: Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirimkan tiga truk bantuan bahan pangan untuk dapur umum untuk persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Malang Raya.

Sembako yang dikirim ke Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu masing-masing sebanyak 11 ton beras, 1,4 ton telur ayam, dan 900 dus mie ayam.

Bantuan untuk dapur umum PSBB Malang Raya itu diberangkatkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur Subhan Wahyudiono, Jumat (15/5) siang.
Begitu sampai di kawasan Malang Raya, bantuan yang dibawa menggunakan truk fuso itu akan diterima lansung oleh Bupati Malang HM Sanusi, Wali Kota Malang Sutiaji dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa bantuan sembako tersebut bentuk support dari Pemprov Jatim bagi pemda yang menerapkan PSBB yaitu di Malang Raya mulai tanggal 17 Mei hingga 30 Mei 2020 mendatang.

Bahan pangan itu digunakan sebagai bahan utama untuk memberikan makanan bagi warga terdampak covid-19 di saat santap sahur dan berbuka puasa. Hal ini juga diterapkan di daerah PSBB Surabaya Raya.
“Ini bentuk equal treatment dari kami untuk wilayah yang saat ini tengah melaksanakan PSBB. Kita tahu Malang Raya mulai hari Minggu, lusa akan mulai PSBB. Itu artinya tim yang sudah dikoordinasikan baik dari Pemkab dan Pemko bekerja sama dengan Tagana dan TNI Polri akan mulai menyiapkan dapur umum bagi warga terdampak. Mereka akan membuatkan makanan untuk santap sahur dan berbuka puasa,” tegas Khofifah.

Gubernur perempuan pertama Jatim ini menuturkan, adanya makanan siap santap yang disuplai oleh pemerintah, maka masyarakat yang menjalani pembatasan sosial minimal tersupport setiap sahur dan berbuka. Terutama bagi mereka yang mengalami dampak secara ekonomi seperti yang pekerjaannya terdampak selama PSBB. Diharapkan suplai makanan siap santap ini meringankan beban mereka.

Kalaksa BPBD Jawa Timur Subhan Wahyudiono menambahkan Pemprov JatimĀ  akan mendirikan dapur umum di empat titik di kawasan Malang Raya. “Dapur umum provinsi ada empat titik, dua di Kabupaten Malang, tepatnya satu di Pangdiv Singosari, dan satu di Kodim Kepanjen. Lalu di Kota Malang dapur umum didirikan di Rampal, dan di Kota Batu ada di Polresta Kota Batu,” kata Subhan. (sam/ian)