Akibat Serangan Jantung

Peristirahatan Terakhir The Godfather of Broken Heart Didi Kempot di Ngawi

0
TINGGAL KENAMGAN: Didi Kempot saat tampil di panggung yang selalu dipenuhi Sobat Ambyar. (Foto: istimewa)

SOLO- KADENEWS.COM: Kepergian penyanyi campursari Didi Kempot yang bergelar The Godfather of Broken Heart di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Selasa (5/5/2020) pukul 07.45 WIB itu membuat banyak orang tak percaya. Tak terkecuali Sobat Ambyar sebutan untuk penggemar penyanyi yang sering menggunakan blangkon itu.

Humas Rumah Sakit Kasih Ibu David membenarkan kabar duka itu. “Iya meninggal di Kasih Ibu,” jelas dia, Selasa (5/5/2020).

Asisten Manager Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez menjelaskan Didi Kempot dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi tidak sadar. Namun setelah dilakukan upaya medis, namun jiwanya tak tertolong.

DUKA: Sang istri Yan Vellia meratapi kepergian Didi Kempot di kamar jenazah RS Kasih Ibu, Solo.

Kakak almarhum, Lilik mengaku terkejut dengan kepergian pelantun Stasiun Balapan dan Pamer Bojo itu secara mendadak. Sebelum meninggal suami Yan Vellia itu mengeluh merasa tubuhnya panas.

“Semalam sedang mendengarkan lagu, terus bilang, ini kok panas. Setelah menunggu di hotel satu jam, pulang, ke dokter dulu,” ujar Lilik dalam tayangan Kompas TV.

Lelaki 53 tahun itu diduga kecapekan karena banyaknya agenda menyanyi. “Kalau saya prediksi ya begitu, kecapekan,” uja Lilik.

Penyanyi yang sempat menggelar konser amal untuk korban Corona dengan meraup Rp 7,6 miliar terbujur kaku di kamar jenazah ditunggui sang istri Yan Vellia dan kerabat. Tampak Yan Vellia tak bisa menahan tangis kepergian sang suami yang bernama asli Dionisius Prasetyo itu.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menduga Didik Kempot yang mempunyai riwayat penyakit asma itu meninggal karena sakit jantung. “Sebelum dimakamkan ke Ngawi, jenazah akan dibawa ke rumahnya di Solo,” ujarnya. Rumah duka di Jalan Mataram 6 Nomor 5 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Namun Didi Kempot selama pulang ke rumahnya di Ngawi.

Almarhum anak pelawak Ranto Edi Gudel itu akan dimakamkan di Kuburan Pethuk, Desa Majasem Kecamatan Kendal, Ngawi, Jawa Timur. “Diperkirakan akan dimakamkan di sebelah putranya yang pertama,” kata Eko Guntur, adik kandung Didi Kempot.

Seperti diketahui adik pelawak Srimulat almarhum Mamiek Prakoso itu berkarir dari bawah. Didi Kempot merintis menjadi penyanyi dari mengamen di jalanan sejak 1984 dan mulai eksis 1989. Nama Kempot di belakang namanya juga diambil dari singkatan Kelompok Penyanyi Trotoar.

Sebelum meninggal, Didik Kempot sempat merilis lagu Ojok Mudik berkolaborasi dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Penyanyi Cidro dan Ambyar itu juga membawakan lagu tersebut dengan Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolres Solo, Kombes Pol Andy Rivai.

Dalam lirik lagu tersebut, selain berisi anjuran tidak mudik, juga ajakan mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker dan menjaga jarak. (ian)