Pemkab Pamekasan Siapkan Beasiswa Rp 4 Miliar untuk Santri Berprestasi 

0
PEDULI SANTRI: Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat menyambut kedatangan para santri yang baru pulang dari Pondok Pesantren di Paiton, Probolinggo. (Foto: prasetyawan/kadenews.com)

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Pemkab Pamekasan menyiapkan beasiswa Rp 4 miliar lebih untuk 1.500 hingga 1.700 santri dari 42 pesantren di Pamekasan. “Beasiswa santri dapat melakukan pendaftaran melalui jalur online dan mendaftar secara lansung ke Kesra,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan Ach. Zaini,  Selasa (24/03/2020).

Para penerima beasiswa  ada tiga klasifikasi yakni berprestasi, hafids Qur’an dan miskin. “Miskin, bukan hafids dan berprestasi tidak apa, ada yang kaya tapi hafids tidak apa-apa, ada yang kaya tapi berprestasi bisa apalagi miskin dan berpartisipasi itu prioritas,” ujar Bapak Ach. Zaini.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam

menambahkan, mempunyai beberapa alasan kenapa harus santri, Ormas dan pesantren yang menjadi program beasiswa.

“Tidak mungkin ada Indonesia tanpa perjuangan pesatren, ulama dan ormas,” katanya.

“Saya berkeyakinan dari buku-buku yang saya baca, tidak mungkin ada Indonesia tanpa perjuangan pesantren, ulama dan Ormas,” tambahnya.

Zaini menerangkan, setiap santri nantinya menerima beasiswa dalam bentuk non tunai yang penyalurannya melalui rekening masing-masing santri dengan estimasi sekitar Rp 3 juta setiap 6 bulan sekali.

Agar program beasiswa santri tepat sasaran menurut Zaini, pada tahap pertama Pemkab Pamekasan mengirimkan 40 orang pendamping untuk mengikuti pelaksanaan Training of Trainer (TOT). Dilanjutkan dengan 21 pembimbing dan perekrutan untuk memperoleh beasiswa.

Bupati berharap dalam program tersebut akan lahir santri yang tangguh, santri yang berkomitmen kuat terhadap masyarakat dan kebangsaan yang kuat dan santri yang berdaya saing, santri yang bisa menjadi pemimpin bangsa yang lahir dari Pamekasan. (pras/ian/adv)