Bocah 20 Bulan Nyaris Diculik di Rumahnya

0
LOLOS: Ade Igne Rita bersama putranya Rafka Ghadafi.

LUMAJANG-KADENEWS.COM: .Maraknya kabar penculikan anak di beberapa daerah yang sempat viral di media sosial (medsos), membuat masyarakat was-was, terutama bagi orang yang memiliki anak kecil.

Seperti kejadian di wilayah Tempursari, Kabupaten Lumajang, seorang anak bernama Rafka Ghadafi (20 bulan) putra dari Abdullah dibawa orang tak dikenal. Kejadian tersebut sempat viral di medsos konon jadi korban penculikan anak.

Kejadian tersebut diketahui orang tua korban, Ade Igne Rita (21), asal Warga Dusun Krajan, Rt.02 RW.03 Desa Purorejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa timur. Rabu (04/03/2020).

Setelah mendapatkan informasi melalui medsos, petugas Polsek Tempursari mendatangi lokasi kejadian di Desa Purorejo, Kecamatan Tempursari.

Petugas Polsek dipimpin Kapolsek Tempursari Iptu Hariyanto langsung ditemui orang tua korban.

Menurut Kapolsek Tempursari Iptu Hariyanto kejadian viral di mrdsos terjadi pada 3 Maret 2020 sekitar pukul 11.30 WIB, bahwa di Desa Purorejo itu ada seorang anak dibawa orang laki-laki tidak kenal.

“Saat kejadian orang tua korban tidak melaporkan kejadian tersebut ke  kepolisian maupun pemerintah desa. Atas kejadian tersebut saya langsung mendatangi rumah korban dan bertemu orang tuanya untuk dimintai keterangan,” ujar Iptu Hariyanto, Kamis (5/2/2020).

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan orang tua korban, kronologis saat kejadian, Ibu korban Ade Igne Rita sedang buang air besar, dan pintu kamar mandi dengan sengaja tidak ditutup. Tiba-tiba melihat seorang Laki-laki yang tak terlihat wajahnya menggendong anaknya Rafka Ghadafi Putra Abdullah keluar rumah lewat pintu rumah belakang.

“Saat itu anaknya sedang tidur sendirian di kasur ruang keluarga. Melihat hal tersebut ibu korban berteriak,’ Anakku arep digowo nang endi.’

Selain itu, ia berteriak minta tolong. Mendengar teriakan ibu korban, lelaki itu menurunkan anak tersebut. Korban ditaruh di tanah dengan jarak dari pintu rumah belakang sekitar 2 meter,” terang Iptu Hariyanto.

Setelah orang yang tidak dikenal itu lari ke kebun belakang rumah,  ibu korban menggendong anaknya masuk kedalam rumah.

“Untuk terduga pelaku berusia 40 tahun, dengan memakai pakaian celana panjang warna hitam, kaos warna gelap, dan memakai topi berwarna coklat,” pungkas Kapolsek. (fat/ian)