Sepuluh Ribu Peserta Berebut 527 Lowongan CPNS di Pemkab Malang

0
ANTRE: Peserta menunggu giliran tes CPNS di halaman Pemkab Malang. (Foto: usamah/ kadenews.com)

MALANG-KANEDEWNS.COM: Sebanyak 10.959 peserta mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Mereka memperebutkan lowongan 527 formasi yang dibutuhkan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) mulai 7 sampai 27 Febuari 2020.

Seleksi ini dibagi beberapa sesi, Kadenews.com sempat melihat para peserta menunggu giliran tes di tenda di halaman Pemkab Malang Jl KH Agus Salim, Rabu (19/2/2020).

Peserta yang masuk ke ruang ujian diperiksa dengan menggunakan metal detector dan tidak boleh membawa tas, termasuk smartphone ke ruang ujian. Ujiannya di Laboratorium CAT Gedung C Lantai 2.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Nurman Ramdansyah SH, M.Hum, mengatakan, jumlah peserta yang daftar CPNS di Kabupaten Malang mencapai 12.022. Berkas dinyatakan memenuhi syarat 10.959. Sedangkan berkas yang tidak memenuhi syarat mencapai 1.063.

“Lowongan CPNS untuk Kabupaten Malang hanya 527. Rinciannya 520 CPNS untuk kategori umum, dan 7 orang untuk PNS kategori difable,” jelasnya.

Dikatakan, penyelenggaraan seleksi CPNS ini dilakukan  mandiri seizin Badan Kepegawaian Negara (BKN).  Jadi penyelenggaraan tidak bergabung dengan daerah lain.“Tesnya di Laboratorium CAT milik Pemkab Malang,’’ ungkapnya.

Bupati Malang Drs HM Sanusi MM mengatakan,  seleksi CPNS 2019 dengan menggunakan laboratorium CAT untuk meminimalisir kecurangan dari peserta tes. “Jadi penilaian tes CPNS lebih transparan ,” ungkap Sanusi.

Menurutnya, laboratorium CAT ini tersambung dengan BKN pusat. Jadi, CPNS bisa langsung mengetahui hasil tes mereka.“Setelah melakukan tes, peserta langsung bisa melihat hasilnya,” ujarnya.

Sanusi mengharapkan dengan sistem CAT ini Pemkab Malang akan mendapatkan CPNS yang  berkualitas. “CPNS yang lulus memiliki kemampuan sesuai tugas yang diembannya,” ujarnya. (sam/ian)