Spesialis Curi Motor di Masjid Ditembak

0

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Pelaku kejahatan pencurian yang kerap beraksi di sejumlah masjid di Lumajang diringkus Tim Cobra Tangguh Polres Lumajang.

Pelakunya Antoni (27) warga Desa Kaliglagah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pelaku ditembak karena berusaha melawan dan melarikan diri saat akan ditangkap.

“Pada saat dilakukan pengembangan tersangka Antoni melakukan perlawanan terhadap polisi.  Akhirnya dilakukan tindakan tegas terukur mengenai bagian kakinya,” ucap Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar di Rumah Sakit Bhayangkara, Rabu (19/2/2020).

Tersangka ditangkap  saat berada di rumahnya di Dusun Krajan, Desa, Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.

DIPERBAN: Anthoni setelah dirawat di RS Bhayangkara Lumajang.

Adewira menjelaskan, Anthoni ini pelaku kejahatan pencurian yang kerap beraksi di sejumlah masjid di Lumajang dan Jember sebanyak 11 tempat kejadian perkara (TKP).

“Dia ini pelaku pencurian spesialis masjid-masjid dan melakukan aksinya sebanyak 11 TKP, 10 di wilayah Lumajang dan satunya di Jember,” ujar Kapolres Lumajang.

Modus yang dilakukan tersangka ini mengambil sepeda motor milik korban yang diparkir di halaman sekitaran masjid dengan cara merusak kunci sepeda motor korban dengan menggunakan kunci letter T.

“Tersangka melakukan aksinya bersama dua temannya yang pernah menjalani hukuman di Polres Jember dengan kasus yang berbeda,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, warning keras bagi pelaku curanmor untuk angkat kaki dari Lumajang. “Kami akan memberikan tindakan tegas, bila perlu akan diberikan tindakan yang lebih tegas karena ini sangat meresahkan masyarakat Lumajang,” tegas Adewira Negara Siregar.

Saat diinterogasi, tersangka mengakui pernah melakukan beberapa kali tindak pidana curanmor, 10 kali di wilayah Lumajang dan 1 Jember.

Sepuluh TKP di Kabupaten Lumajang yang disatroni Anthoni di antaranya Masjid AS Syuhadak di Dusun Pondok kobong Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung; Masjid Kaliboto, Kecamatan Jatiroto;  Masjid Mujahidin Rowoasri, Kecamatan Rowokangkung; Masjid Baitur Rokhim Dusun Bayur, Desa Sumbersari, Kecamatan Rowokangkung.

Selain itu, melakukan aksinya di Pasar Kunir dekat lampu merah; Kecamatan Kunir, Pasar Jatiroto; parkiran sebelah Warnet Banyu Putih Kidul; Perumnas, Kecamatan Jatiroto;  Koperasi Mawar Dusun krajan Barat, Kecamatan Rowokangkung.

Sedangkan satu TKP di Jember tepatnya, di Masjid Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. (fat/ian)