Piala Gubernur Jatim sebagai Pemanasan Liga 1

0
JUNJUNG SPORTIVITAS: Khofifah membuka Piala Gubernur Jatim 2020 diselenggarakan di  Stadion Gelora Bangkalan.
BANGKALAN-KADENEWS.COM: Jatim menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia, yang menyelenggarakan Piala Gubernur. Sebagaimana  diketahui, Piala Gubernur, terakhir kali diselenggarakan pada lima tahun lalu. Pagelaran Piala Gubernur Jatim 2020 disambut antusias oleh para penggemar bola. Hal itu diwujudkan dengan banyaknya penonton yang menghadiri pembukaan Piala Gubernur Jatim 2020. Hal ini membuktikan, Piala Gubernur sangat ditunggu oleh para pecinta sepak bola di Jatim.
Pembukaan Piala Gubernur Jatim 2020 diselenggarakan di  Stadion Gelora Bangkalan, Senin (10/2/2020).  Pembukaan tersebut dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum PSSI, Kapolda Jatim Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Wisnoe  Prasetija Boedi, beserta Forkopimda Jatim.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah mengatakan, kompetisi Piala Gubernur Jatim 2020 menjadi yang pertama di masa kepemimpinannya. Sebelumnya vakum selama lima tahun.
Dengan dukungan Ketua Umum PSSI, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, Piala Gubernur diharapkan  bisa terselenggara secara berkelanjutan.
“Semoga  penyelenggaraan Piala Gubernur Jatim 2020 bisa berjalan lancar, damai dan menjadi tontonan sepakbola bagi masyarakat yang berkualitas,” ujarnya.
Gubernur Perempuan pertama di Jatim menyebut Piala Gubernur Jatim 2020 menjadi bagian pemanasan sebelum memasuki kompetisi Liga I  tahun 2020. Setiap klub, manajer dan pemain bisa menjadikan kompetisi ini sebagai ajang untuk melakukan evaluasi dan mempersiapkan formasi  pemain terbaiknya  agar bisa bersaing di Liga 1 –  2020.
“Piala Gubernur Jatim juga menjadi bagian menjaga sportifitas dan objektifitas sehingga menampilkan sepakbola yang cantik, berkualitas dan penuh  damai serta aman,” jelasnya.
Piala Gubernur Jatim 2020 juga menjadi ajang dalam menggairahkan sepakbola sebagai sebuah industri. Sebagai contoh, di Eropa, sepakbolanya bisa menjadi sebuah industri, khususnya dalam menggelorakan semangat dikalangan masyarakat, khususnya anak muda.
Piala Gubernur Jatim 2020 merupakan sebuah turnamen pra musim menjelang dimulainya Liga 1 –  2020. Turnamen ini mempertemukan klub-klub sepak bola yang berasal dari Provinsi Jawa Timur dan juga mengundang klub-klub yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur.
Pada tahun 2020, turnamen ini mengikutsertakan delapan tim yang terbagi menjadi dua grup dan diselenggarakan di dua kota yaitu Bangkalan dan Malang. dan berlangsung pada 10-20 Februari 2020. Juara masing-masing grup dan peringkat kedua otomatis lolos ke babak semifinal.Turnamen ini diikuti oleh lima kontestan Liga 1 2020 yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Di antaranya adalah Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, Arema FC, dan Madura United. Tiga peserta lainnya berpartisipasi dengan status undangan, yaitu Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan Sabah FA. (ian)