Polres Pamekasan Ajak Wartawan Tangkal Berita Hoax

0
KOMPAK: Wartawan mengikuti apel bersama jajaran Polres Pamekasan.

PAMEKASAN-KADENEWS.COM: Wakapolres Pamekasan Kompol Moh Asrori Khadafi mengajak seluruh wartawan untuk bersinergi menangkal banyaknya berita hoax (bohong) di masyarakat, Sabtu (08/02/2020).

Penegasan itu disampaikan saat apel pagi di halaman mapolres untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020, Sabtu (08/02/2020).

Sehubungan HPN ini,  Polres Pamekasan bekerja sama dengan Forum Wartawan Pamekasan (FWP) menggelar senam dan donor darah bersama di mapolres.

Kompol Moh Asrori Khadafi mengatakan, jika setiap saat di media sosial banyak sekali berita, ada yang objektif, aktual, kritik. Namun banyak pula berita bohong yang mengganggu akal sehat, bahkan ada yang mengancam persatuan bangsa.

“Dalam kondisi demikian, seharusnya media utama atau mainstrem harus dapat meluruskan hal yang bengkok, menjernihkan kekeruhan yang terjadi di media sosial,” teganya.

 

Sebaliknya, kata Wakapolres media mainstream tidak ikut larut dengan isu-isu yang belum terverifikasi di media sosial sebagai bahan berita. “Karena kita sekarang ini kalau ada trending topic di media sosial justru itu yang dipakai sebagai berita tanpa diverifikasi apakah berita itu benar atau tidak,” katanya.

Media mainstrem lanjut Wakapolres, tidak boleh luntur dalam menjunjung tinggi kode etik jurnalistik yang menuntut faktualitas, objektivitas dan disiplin dalam melakukan verifikasi dalam setiap pemberitaan.

Selain itu, menurutnya, wartawan dan Polri merupakan dua lembaga yang saling membutuhkan.

“Untuk itu perlu dipererat tali silaturahmi dan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Kami berharap dengan adanya acara HPN di Mapolres Pamekasan ini, kemitraan wartawan dengan Polri akan semakin erat dan solid,” harapnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Pamekasan melalui Wakapolres mengucapkan selamat HPN tahun 2020, “Semoga pers nasional semakin profesional dan berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa,” ujarnya.

Ketua Bidang Organisasi PWI Pamekasan, Syamsuddin yang mewakili Ketua PWI yang sedang mengikuti HPN di Banjarmasin mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya Polres Pamekasan dalam HPN tahun ini.

“Semoga kerja sama ini akan selalu tercipta dengan semakin baik khususnya di masa-masa yang akan datang,” ujarnya. (bw/ian)