Polda Jatim Identifikasi Mayat Tanpa Kepala dan Tangan

0

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Tim Disaster Victim Identification (DVI) Forensik Polda Jatim turun untuk mengidentifikasi penemuan mayat tanpa kepala dan tangan di pantai Selatan di Dusun Timur Persil, Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian, Minggu (19/1/2020).

Tim DVI Forensik Polda Jatim tiba di kamar mayat RSUD dr Haryoto Lumajang, Selasa (21/1/2020) siang. Ada enam tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim diperbantukan dalam proses identifikasi tersebut.

Kepala Dokter DVI Donkes Polda Jatim AKBP Bambang mengatakan, pihaknya bersama tim DVI Forensik Polda Jatim masih melakukan identifikasi terhadap mayat korban, walaupun saat ditemukan tidak utuh lagi.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin karena ini Mr.X. Kita akan coba melakukan identifikasi apapun yang kita temukan di sana, dan mencoba memeriksa untuk mengetahui penyebabnya kematiannya,” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, dirinya tidak bisa memastikan cepat atau lambat hasil pemeriksaan mayat tersebut. Sebab di mungkinkan perlu pemeriksaan DNA di laboratorium untuk sampel pembanding.

“Itu semua masih tergantung dengan laporan masyarakat kehilangan, nanti akan coba untuk mengambil sampel pembanding yang menentukan identitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar menyampaikan, pihaknya berharap pemeriksaan oleh Tim DVI Forensik Polda Jatim dapat mengungkap jenis kelamin dan umur jenazah korban.

“Kepada masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya di laut dalam waktu sepekan atau dua pekan, dan mengenali ciri jenazah segera melapor ke Polres Lumajang,” ujarnya.

Sebelumnya, warga Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian digegerkan penemuan mayat tanpa kepala dan tangan.

Mayat tersebut ditemukan warga terdampar di pantai Selatan Dusun Timur Persil, Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian, Minggu (19/1/2020) pukul 14.00 WIB.

Mayat tidak dikenal tersebut belum diketahui jenis kelamin belum diketahui, tulang terbungkus daging dari perut sampai tulang kering, dan posisi terlentang, memakai celana pendek kolor warna biru merk Adidas.(fat/ian)