Sebanyak 240 Desa Pilkades Serentak

0
TINTA BIRU: Wabup KH Mujib Imron dan istri mendatangi TPS untuk mencoblos di sekitar kediamannya. (Foto: a.zainurrifan/ kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM: Sebanyak 240 desa di Kabupaten Pasuruan  melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Sabtu (22/11/2019). Sekitar 755 calon kepala desa (cakades) yang  bertarung di 24 kecamatan se Kabupaten Pasuruan.

Kecamatan Kraton jadi kecamatan yang menggelar pilkades terbanyak. Tercatat ada 20 desa dari 25 desa di Kecamatan Kraton yang melaksanakan pilkades.

Terkait pilkades tersebut,  Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron berharap pilkades akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Kabupaten Pasuruan.”Kepala desa punya peran yang strategis,  makanya pilkades ini bisa memberikan kontribusi terhadap persiapan era digitalisasi 4.0,” ujarnya.

KH Mujib Imron yang juga Ketua PC LP Ma’arif Kabupaten Pasuruan, menambah kepala desa itu langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga mampu memberikan perubahan yang nyata terhadap kehidupan masyarakat.
“Apabila kepala desa punya visi jauh ke depan, maka kebijakan akan mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat. Termasuk peningkatan SDM dan penguatan pendidikan karakter,” tambahnya.

Ia bersyukur masyarakat sangat antusias mengikuti proses pilkades yang dinamis dan berbondong bondong mendatangi TPS. “Saya mendengar laporan masyarakat antusias mendatangi TPS. Hal ini membuktikan kesadaran masyarakat mulai tinggi untuk berdemokrasi. Saya berharap bisa tetap kondusif,” pungkasnya. (aza/ian)