Dijanjikan Masuk Fakultas Kedokteran Udayana,  Rp 400 Juta Melayang

0
TAK BERKUTI: Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban (dua dari kiri) menunjukkan bukti penipuan Umariyah (baju oranye)

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Umariyah (30) warga Dusun Meleman, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang ditangkap Polisi.

Tersangka Umariyah diamankan pihak kepolisian setelah ada laporan dari salah satu orang tua korban yang anaknya akan dijanjikan masuk ke Fakulitas Kedokteran Universitas Udayana di Bali dengan biaya masuk sekitar Rp 400 juta.

Setelah itu tersangka menerima uang dari korban, ternyata hanya diberikan janji dan harapan palsu. Alasannya Universitas Udayana masih belum membuka untuk mahasiswa baru.

Korban yang merasa ditipu oleh ulah tersangka Umariyah ini langsung melaporkan ke polisi karena uang untuk biaya kuliah tidak dikembalikan.

“Awalnya mau kita selesaikan dengan cara kekeluargaan, akan tetapi dia tidak memiliki itikad baik,” Kata Hendrik Istatok.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban menjelaskan, tersangka Umariyah ini berpura-pura menolong anak korban untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Fakulitas Kedokteran di Universias Udayana di Bali dengan meminta uang kepada korban sebesar Rp 400 juta.

“Akan tetapi setelah uang diberikan sampai sekarang anak korban tidak terima menjadi mahasiswa, dan uang juga tidak dikembalikan,” ujarnya, Selasa (19/11/2019).

Tersangka mengaku kepada korban bahwa ia alumni Universitas Udayana dan mempunyai kenalan di universitas tersebut.

“Uang milik korban digunakan untuk membeli sepada motor, HP, aksesoris konter untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” terang Kapolres.

Surat dokumen kampus pelaku mendapatkan dari media sosial dan kemudian dimodifikasi bahkan ada nama rektor beserta setempel.

“Pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman kurungan 4 tahun penjara,” pungkas Arsal.(fat/ian)