Minta Hujan Turun, Salat Istiqa’ Digelar di Pamekasan

0
KHUSYUK: Salat istiqa' dipimpin imam KH. Ali Rahbini, ketua MUI Pamekasan. Tampak  Kepala Bakowil IV Pamekasan Alwi Beq, dan Sekda Pamekasan Totok Hartono di barisan makmum. (Foto: prasetiawan/ kadenews.com)

PAMEKASAN-KADENEWS.COM : Tak kunjung  turun hujan di wilayah Madura, membuat Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan Dr. Alwi Beq, SH berinisiatif mengajak masyarakat menggelar salat istiqa’.

Salat istiqa’ yang diikuti sekitar 1.000 jamaah itu berlangsung  di lapangan Karesidenan Pamekasan,  Rabu (30/10/2019)  pukul 06.30 WIB.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bakorwil IV Pamekasan Dr. Alwi Beq, SH, Sekda Pamekasan Ir. Totok Hartono, dan kepala UPT Provinsi Jatim, para ulama, masyarakat dan siswa SMA/SMK di Kota Pamekasan.

Astagfirullah, berkumandang di lapangan tersebut. Lalu, para jamaah melaksanakan salat dua rakaat dipimpin imam KH. Ali Rahbini. Salat dengan tujuh kali takbir di rakaat pertama dan lima kali takbir di rakaat kedua itu kemudian diakhiri dengan salam.

Rahbini dalam khutbahnya mengatakan  salat Istiqa’ untuk minta turun hujan ini bagian dari sunnah Rasulullah. “Supaya Allah SWT bisa memberi rahmat dan maqfirahnya, kita sebagai kaum beriman dan bertakwa harus menebarkan kasih sayang, berpuasa dan memperbanyak sedekah,” ujarnya.

Kepala Bakorwil, Alwi Beq mengatakan salat istiqa’ ini merupakan iktiar untuk mengatasi masyarakat di Pamekasan yang kekurangan air. “Kegiatan ini merupakan imbauan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa agar memohon kepada Allah SWT supaya hujan segera turun,” kata Alwi.

Ia berharap pengamalan syariat ini menjadi pembelajaran bagi siswa dan siswi SMA/SMK yang mengikuti salat istiqa’. “Semoga apa yang menjadi keinginan kita di ijabah oleh Allah SWT. (pras/ian)