TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Presiden dan Wapres

0
SIAP MENGAMANKAN: Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arshal Sahban melakukan inspeksi pasukan.

LUMAJANG-KADENEWS.COM: TNI dan Polri menggelar apel pasukan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih,  Jokowi-Ma’ruf Amin, yang akan berlangsung 20 Oktober 2019, dan Operasi Mantap Brata Semeru 2019.

Apel pasukan tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Utara Kabupaten Lumajang, Jumat (18/10/2019) pagi.

Kegiatan pengamanan dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat serta suksesnya pelantikan presiden dan wapres terpilih di Gedung MPR RI.

Bertindak sebagai Pembina apel, Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arshal Sahban, SH, S.IK, MH, MM, dan Komandan apel, Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhari Ma’aref.

Dalam amanatnya, Kapolres Lumajang membacakan teks tertulis Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. Ia menyebutkan tujuan apel gelar pasukan ini untuk mengetahui kesiapan kita bersama untuk pengamanan imbangan pelantikan presiden dan wapres.

Saat ini tahapan Pemilu 2019 akan mencapai tahap akhir yaitu pelantikan Presiden dan Wapres terpilih periode 2019 – 2024.

“Terpilihya capres dan cawapres menjadi presiden dan wapres yang definitif diperkirakan akan terjadi rasa puas dan rasa tidak puas bagi para pendukungnya. Apabila hal itu terjadi maka kondisi yang demikian akan menjadi rawan karena muncul pertentangan dari kedua belah pihak,” jelasnya.

Untuk itu, menyikapi perkembangan kamtibmas tersebut maka Kapolda Jatim bersama TNI dan unsur instansi lain akan melaksanakan pengamanan imbangan di wilayah Jawa Timur.

Menurutnya, wilayah Jawa Timur kondisi kamtibmas relatif kondusif. Hal ini adalah merupakan hasil kerja keras daripada segenap komponen yang punya satu komitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dengan slogan “Jogo Jawa Timur dan atas ridho dari Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa ridho-Nya usaha kita tidak berarti”.

“Kita memberi apresiasi yang positif terhadap masyarakat Jatim khususnya masa pendukung para capres/cawapres serta para tim sukses pemilu presiden dan wapres,” imbuhnya.

Setelah apel gelar pasukan usai, dilanjutkan dengan show of force seluruh peserta apel pasukan pengamanan. Konvoi start depan Pemkab Lumajang melintasi Jalan Kapten Suhandak – Jalan Jendral Panjaitan – Jalan Imam Bonjol, Jalan Brigjend Slamet Riyadi – Jalan Gatot Subroto – Jln. Sunandar Priyo Sudarmo – Jln. Jendral A. Yani – Jln. Basuki Rahmat – Jln. PB. Sudirman – Jln. S. Parman dan kembali Finish depan Pemkab Lumajang. (fat/ian)