Protes Bau Limbah, Jalan Pandaan-Bangil Diblokir

0
UNJUK RASA: Warga membakar ban dan menutup jalan. (Foto: a.zainurrifan/ kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM :
Ratusan warga Desa Baujeng Kecamatan Beji melakukan unjuk rasa dengan menutup jalan Bangil – Pandaan. Akibatnya, pengguna jalan tersebut memutar ke Desa Randupitu, Kecamatan Pandaan, Senin  (7/102019).

Sejak pagi warga melakukan unjuk rasa bau limbah yang mengalir ke sungai Wangi. Mereka menutup jalan dan membakar ban. Warga juga membuat poster yang bertuliskan keluhan dan umpatan karena selama ini mereka sudah menyampaikan aspirasi tapi tak direspons. “Kami bosan dengan janji-janji. Kami merasakan bau busuk setiap hari ini,” kata Solikhin.

SPANDUK TUNTUTAN: Warga memblokir Jalan Pandaan-Bangil.

Dari unjuk rasa ini akhirnya disepakati membuat surat Kesepakatan bersama dari perusahaan di sepanjang Kaliwangi, seperti PT Inaco Jelly, Setia Pesona Cipta, Behaestex, PT CS 2 Pola Sehat.

Setidaknya ada 6 point kesepakatan yang tertulis dalam surat ini. Di antaranya melarang perusahaan (PT Inaco Jelly, Setia Pesona Cipta, Behaestex, PT CS 2 Pola Sehat dan perusahaan lain di sepanjang Sungai Wangi, Kecamatan Pandaan membuang limbah cair melalui Sungai Tanggul Desa Baujeng. Masalahnya limbah itu  yang menyebabkan kotor, bau dan rasa.

Jika ditemukan dari perusahaan di atas membuang limbah yang tidak sesuai dengan baku mutu sesuai UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, maka sanksinya adalah perusahaan tersebut ditutup.(aza/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here