Lomba Gerak Jalan HUT RI Ke-74

0
START: Bupati Badruttama memberangkatkan peserta gerak jalan.

PAMEKASAN -KADENEWS.COM:  Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan tingkat SD hingga SMA sederajat, Kamis (8/8).

Kegiatan tersebut dilepas secara langsung Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dengan didampingi segenap Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala OPD, camat dan tamu undangan lainnya di area Monumen Arek Lancor.

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Badrutt Tamam berharap, dengan lomba gerak jalan akan semakin memupuk semangat nasionalisme dan semakin mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan rasa syukur ini tentu saya ingin mengajak kita semua untuk senantiasa merefleksikan semangat nasionalisme kita, semangat kecintaan ke tanah air kita dan sangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, bermanfaat serta memiliki dampak untuk senantiasa meningkatkan kecintaan kita kepada bangsa dan negara kita,” katanya.

Adapun tema yang diusung tahun ini yakni “Mencetak SDM Unggul melalui Gerak Jalan Menuju Pamekasan Hebat, Rajjeh, Bajjreh ben Parjugheh”.

Menurutnya, HUT kemerdekaan harus diisi dengan sumber daya yang berkemajuan dan dimulai dengan semangat dan nasionalisme yang ada di hati dan pikiran kita baru diturunkan kepada gerak dan langkah kita.

“Untuk pemerintahan nasionalisme harus diisi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dibidang kepemimpinan harus selalu hadir yang tidak berjarak dengan siapapun,” ujarnya.

Sementara untuk para guru, nasionalisme harus menghadirkan pendidikan yang berkeadilan dan memberikan ketauladanan, dan untuk siswa kemerdekaan adalah mengisi dengan semakin giat belajar guna menjadi manusia unggul, nasionalismenya bagus, komitmen membangunnya bagus serta untuk daya saing Indonesia kedepan.

Lomba gerak jalan tahun ini, untuk tingkat SD/MI diikuti 142 peserta, SMP/MTs dengan 112 peserta dan SMA, SMK dan MA diikuti 98 peserta.

Adapun rute yang dilalui untuk tingkat SD/MI dengan start Arek Lancor, jalan Diponegoro, Cokroatmojo, R Abdul Azis, Trunojoyo dan finis kembali di arek lancor.

Sedangkan untuk SMP hingga SMA sederajat start dari Arek Lancor, menuju jalan Diponegoro, Cokroatmojo, R Abdul Azis, Trunojoyo dan finis kembali di arek lancor. (bw/ian)