Hujan Semalam, Puluhan Perahu Nelayan Pasuruan Rusak

0
SALING BERBENTURAN: Puluhan perahu nelayan yang rusak dan yang  tenggelam. (Foto:a.zainurrifan/ kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM : Puluhan perahu nelayan yang ditambatkan di sungai kali Gembong pelabuhan Pasuruan rusak. Akibat hujan deras semalam.  Kerugiannya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda Kota dan Kabupaten Pasuruan, menimbulkan luapan yang sangat kencang. Tentu saja perahu yang diparkir di kali Gembong, kena imbasnya.

Kasatpolairud Polres Pasuruan AKP Poerlaksono S.SOs. menyatakan, hempasan gelombang di dalam kali Gembong, menyebabkan sesama perahu saling berbenturan.

“Sekitar 30 perahu nelayan dan 1 kapal motor bermuatan garam tenggelam dan rusak akibat terseret derasnya arus banjir,” Kata AKP Poerlaksono,    di pelabuhan Pasuruan, Senin (21/4/2019).

Menurut Kasatpolairud, Pihaknya bersama anggota dan nelayan serta warga sekitar pelabuhan Pasuruan bahu- membahu mengevakuasi kapal yang tenggelam.

“Proses evakuasi perahu sementara menggunakan   tali agar tidak terseret arus dan mengevakuasi mesin perahu serta jaringnya karèna ketinggian air masih 1,7 m3 untuk titik terendah hari ini,” tambah Kasatpolairud.

Abu, salah satu pemilik perahu warga Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan mengungkapkan bahwa perahu nelayan miliknya belum ditemukan hingga saat ini.

“Perahu kemarin saya sandarkan di belakang pos TPR bersama beberapa perahu lainya. Namun tadi pagi saya cek perahu saya tidak ada dan sampai saat ini belum ditemukan,” ungkap Abu.

Proses evakuasi perahu milik nelayan di sekitar Pelabuhan Pasuruan masih dilakukan dengan menggunakan bantuan tali yang dikaitkan pada perahu lainya atau ditarik dengan mobil dari darat.(aza/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here