Bunga Edelweiss di Bromo Jadi Daya Pikat Wisatawan

0
ABADI: Bunga Edelweiss menjadi daya tarik wisata dan penelitian. (Foto: (a.zainurrifan/ kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM : Gunung Bromo mempunya potensi alam yang luar biasa. Tidak hanya pemandangan alam, Gunung Bromo saat ini sedang naik daun adalah taman wisata dan penelitian bunga Edelweiss (Anaphalis javanica).

Tempatnya tidak begitu jauh dari lereng Gunung Bromo dari arah Pasuruan. Tepatnya di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Terdapat bukit yang ditumbuhi bunga Edelweiss.

Bunga Edelweiss ini tergolong yang dilindungi. Bentuknya mempesona dan tampilan yang menarik. Tidak heran banyak masyarakat yang menikmati kecantikan bunga ini.

Tidak semua daerah bisa ditumbuhi bunga Edelweiss ini. Bunga ini hanya tumbuh di daerah dingin.

Bunga Edelweiss ini disebut juga bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Ada pula yang menyebut Edelweiss ini bunga abadi karena bunga ini awet bisa disimpan sampai kapan pun.

Niken salah satu pengunjung mengakui kekagumannya dengan bunga Edelweis. ” Bentuknya yang sangat menawan,” katanya.

Kelebihan lainnya banyak mahasiswa yang melakukan penelitian terhadap bunga Edelweiss. “Karena termasuk tanaman langka, dan tidak semua daerah dingin tumbuh bunga Edelweiss,” kata Maria salah satu mahasiswa.

Budi Wibowo salah satu petani mengungkapkan pengunjung yang datangĀ  ke tempat ini banyak dari anak muda, ada yang ingin selfi ada yang mahasiswa untuk penelitian.

“Nggak ada tiket masuk, pengunjung bisa membeli bunganya harganya Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Dan tergantung banyak dan hiasannya bunganya,” katanya. (aza/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here