Abu Vulkanik Gunung Bromo Guyur Desa Argosari

0
KOTOR: Petugas BPBD Lumajang menunjukan abu di tembok . (Foto: fat/ kadenews.com)

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Abu vulkanik erupsi Gunung Bromo (2.392 mdpl) mengarah ke wilayah Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Rabu (20/3/2019).

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, hujan abu vulkanik gunung bromo mengguyur Kabupaten Lumajang selama beberapa pekan terakhir.

“Kini hujan abu vulkanik Gunung Bromo mengguyur warga Desa Argosari, Kecamatan Senduro dengan intesitas hujan abu tipis,” tuturnya.

Menurut Wawan, penyebab erupsi abu vulkanik yang dirasakan warga Argosari B29 diduga karena arah angin yang mengarah ke selatan tepat ke wilayah Argosari B29.

“Khusus wilayah puncak wisata B29 hujan abu vulkanik dirasakan cukup deras sehingga di himbau untuk para wisatawan untuk tidak berkunjung ke kawasan wisata puncak B29 selama erupsi gunung bromo terjadi,” imbaunya.

Saat ini pihak BPBD Lumajang sudah mengirim anggota TRC PB Lumajang untuk melalukan asessment dan pembagian masker.

“Kami sudah berkordinasi dengan kepala desa dan penyerahan masker dengan jumlah 10 kotak untuk di serahkan warga melalui Kepala Desa Argosari,” ujar Wawan. (fat/ian)