Gempa 5,9 SR di Malang juga Dirasakan di Lumajang, Blitar dan Bali

0

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Gempa bumi berkuatan magnitudo 5,9 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Malang. Gempa yang berada di laut tidak berpotensi tsunami, Selasa (19/2/2019) sekitar pukul 02.30 WIB.

Melansir dari postingan akun twitter BMKG,@info BMKG, gempa terjadi pada 159 km Tenggara kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berikut postingan lengkap: # Gempa Mag:5.9, 19-Feb-19 02:30:23 WIB, Lok:9.68 LS,112.79 BT (159 km Tenggara Kabupaten Lumajang-Jawa Timur), Kedalaman :10 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Lumajang, Malang ,Blitar, Karangkates III – IV MMI, Sawahan III MMI , Kuta, Nusa Dua II-III MMI .

Sementara data diterima dari BMKG Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 03.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak tiga kali.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono,S.T, Dipl. Seis, M.Sc.

Sementara itu,Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan gempa  di Malang dengan kekuatan 5,9 SR  juga dirasakakan di Lumajang.

Namun hingga saat ini, kata Wawan dari laporan relawan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan dampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata Wawan.(fat/ian)