Pemkab Lumajang Adakan Sosialisasi Kearsipan

0
ANTUSIAS: Penyuluhan kearsipan pemerintah/swasta yang di Hall Amanda Lumajang, Senin (3/12/2018).

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lumajang menyelenggarakan sosialisasi atau penyuluhan kearsipan pemerintah/swasta  di Hall Amanda Lumajang, Senin (3/12/2018).

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Kustiati, S.Sos., MM mengatakan, tujuan sosialisasi tersebut guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola kearispan secara efektif serta meningkatkan mutu pengelolaan arsip.

“Sosialisasi tersebut bermanfaat dalam pengelolaan arsip yang lebih efektif. Semoga bisa meningkatkan keterampilan pengelolaan arsip di masing-masing instansi,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi kearsipan selama dua hari dan ikuti oleh 300 peserta arsipraris di lingkungan Kabupaten Lumajang, baik itu di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/kelurahan. Bahkan BUMD, organisasi Politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan.

Acara tersebut menghadirkan  narasumber dari Arsipirasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provini Jawa Timur.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Ir Indah Amperawati menegaskan, keberadaan arsip itu sangat penting dalam pelaksanaan administrasi instansi atau kantor.

“Arsip itu sangat penting, tapi sampai saat ini masih sering disepelekan. Saking pentingnya, sampai diatur waktu pemusnahannya. Itu sangat penting sekali arsip itu,” tegasnya.

Arsip yang dibuat dan diterima dalam bentuk apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok bertujuan menyediakan data dan informasi yang cepat dan tepat bagi yang membutuhkan, seperti lembaga negara, perusahaan,, organisasi politik, organisasi Kemasyarakatan dan perseorangan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Arsip berfungsi untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok, maka perlu dilakukan pengendalian, penyusunan pola klasifikasi dengan memperhatikan keamanan arsip,” tutur Indah. (fat/ian)