Gerak Jalan Tradisional Palapa 2018 Diikuti 210 Peserta

0
START: Kadispora Ir Mohamad melepas peserta Gerak Jalan Palapa.

PAMEKASAN- KADENEWS.COM: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pamekasan menggelar lomba gerak jalan tradisional Pala9 (Pamekasan-Larangan-Pamekasan), Jum’at (23/11) malam.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pamekasan sekaligus momen Hari Pahlawan.

Acara yang diikuti oleh peserta perorangan maupun beregu  dari instansi pemerintah, lembaga pendidikan, maupun masyarakat umum tersebut dilepas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Peserta lomba diikuti  210 peserta dengan melibatkan 696 orang yang terdiri dari peserta beregu putra 52 regu dan 2 regu putri. Sedangkan perorangan putra sebanyak 130 orang dan putri 26 orang.

Sementara rute start dari monumen Arek Lancor menuju Jokotole-Asem Manis-Mortajih-Desok-Konang-Galis dan Lapangan Bulay untuk pos satu.

Kemudian Ponteh-Jalan Raya Larangan-Pagendingan-Tentenan-trasak-Buddagan-Bonorogo-Stadion-Kesehatan-Agus Salim dan kembali finis di Monumen Arek Lancor.

Adapun jarak yang ditempuh sejauh 20,6 Km dengan penghitungan waktu 5 Km/jam untuk putra dengan estimasi waktu kurang lebih 4,7 jam dan 4 Km/jam untuk Putri dengan estimasi 5,9 jam.

Sebelum peserta dilepas, dalam sambutannnya Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, kegiatan gerak jalan tradisional Palapa merupakan kegiatan rutin untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Mudah-mudahan kegiatan olahraga tradisional kreatif ini bisa kita terus pertahankan dan kita jaga serta mudah-mudahan ditahun yang akan datang pesertanya tidak hanya 210 tetapi bisa lebih,” katanya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan ini, kegiatan gerak jalan tradisional Palapa tidak melanggar ajaran agama manapun.

“Karenanya saya bangga, mudah-mudahan karena olahraga kreatif ini seluruh kita semua masyarakat Pamekasan semakin sehat. Dan mudah-mudahan Pamekasan ke depan sama dengan cita-cita hampir seluruh masyarakat Kabupaten Pamekasan, yakni masyarakat yang berkeadilan, makmur dan tumbuh ekonominya dari bawah merata sesuai dengan ajaran agama,” ungkapnya mengakhiri sambutannya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pamekasan, jajaran Forpimda, Pj Sekda, pimpinan OPD, para camat dan tamu undangan lainnya.