Mahasiswa Kedokteran UI Ikut Pembekalan Bela Negara

0
BERSAMA PEMARI: Mahasiswa UI mengikuti kegiatan bela negara.

JAKARTA-KADENEWS.COM :
Komandan Satuan Patroli Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Salim mewakili Danlantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., memberikan pembekalan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran UI (Universitas Indonesia) tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Pembekalan ini untuk menghadapi potensi ancaman dan tantangan situasi bangsa yang berkembang saat ini.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Auditorium Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia, Jalan Prof. DR. Ir Somantri Brojonegoro, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Selasa, (13/11).

Materi yang disampaikan soal perang modern (modern warfare). Artinya perang yang terjadi saat ini bukan hanya pada dimensi militer saja, melainkan mengalami perluasan dimensi.

“Seperti perang ideologi, perang politik, perang ekonomi, perang budaya, perang otak, perang teknologi dan perang psikologi,” ujar Kolonel Laut (P) Salim.

Untuk menghadapi situasi tersebut perlu adanya kesadaraan bela negara. Bela negara adalah tekad, sikap dan tindakan warga negara yang dijiwai kecintaanya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Bela negara adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan nasional yang bertujuan memenangkan, mencegah dan meniadakan segala bentuk ancaman yang membahayakan kedaulatan negara,” ujarnya. (bob/ian)