Peresmian Gedung Narawita Agung Diawali Kirab Budaya HUT Gatra

0
MERIAH: Wabup Lumajang Indah Amperawati (baju kuning) di tengah peserta kirab budaya HUT ke-1 Gatra.

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., mengikuti Kirab Budaya memperingati HUT Gatra (Graha Sastra) Lumajang ke-1 tahun 2018, Senin (8/10/2018) malam. Kirab tersebut berangkat dari depan SMAN 1 Lumajang, dan finish di Wakul Bu Tjipto Lumajang.

Sesampainya di Wakul Bu Tjipto, Wabup Lumajang disambut penampilan pencak silat dan tari Ayo Langgeng.

Dalam sambutannya, Bunda Indah, panggilan akrab Wabup Lumajang berharap Gatra semakin eksis di dunia seni.

“Saya berharap Gatra bersama dengan pemerintah dapat memajukan budaya dan kesenian di Kabupaten Lumajang,” tuturnya.

Wabup mengatakan, pihaknya selalu mengapresiasi karya anak-anak Lumajang. Ia berharap, akan semakin banyak karya-karya seni anak Lumajang.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah, meresmikan gedung Narawita Agung, bertempat di Wakul Bu Tjipto.

Sementara itu, Direktur Gatra Lumajang, Hamim Temajiti, mengatakan bahwa usia Gatra masih 1 tahun. Oleh karena itu, ia meminta teman sejawatnya, tidak berbangga hati terlebih dahulu. Masih banyak yang perlu ditunjukkan kepada masyarakat Lumajang.

Semua merupakan penerus kesenian dan pelestari budaya yang akan terus dan bisa mengembangkan budaya yang ada di Lumajang.

Ketua Panitia penyelenggara, Huda Al-Fatih, menyampaikan, penyelenggaraan HUT Gatra Lumajang ke-1 ini diharapkan menjadi awal bangkitnya seniman-seniman Lumajang. Namun, hal itu membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Gatra Lumajang melaunching buku antologi puisi Gatra “Hitam”, dikemas dalam pertunjukkan teater. Pada kesempatan itu, Gatra juga melaunching Lomba Surat untuk Cak Thorik dan Bunda Indah.

Launching ditandai dengan pembacaan surat oleh 2 anak kecil yang berlari dari luar hingga memasuki gedung Narawita Agung.

Kirab HUT Gatra Lumajang ke-1, dimeriahkan oleh tari jaran slining, paguyuban becak, PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia), Grup Musik Bali Ganjur dan Barongan.(fat/ian)