Presiden Hadiri Sidang Pleno KTT Istimewa ASEAN-Australia

0
DIPERSILAKAN DUDUK: Presiden Jokowi bersama para Kepala Negara/Pemerintahan dari ASEAN dan Australia akan membahas sejumlah hal yang terjadi di sekitar kawasan dan dunia. (setpres)

SYDNEY-kadenews.com: Presiden Joko Widodo hari ini, Minggu, 18 Maret 2018, menghadiri puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Istimewa ASEAN-Australia 2018, yang digelar di International Convention Centre (ICC), Sydney, Australia.

Dalam sesi ‘Leaders’ Plennary’ kali ini, Presiden Jokowi bersama para Kepala Negara/Pemerintahan dari ASEAN dan Australia akan membahas sejumlah hal yang terjadi di sekitar kawasan dan dunia.

“Pertama, Australia Engagement artinya bagaimana ASEAN melihat kontribusi Australia. Kedua, mengenai kerjasama ekonominya. Dan yang ketiga, counter terrorism,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya kemarin (17/3) malam.

Siang harinya, Presiden Jokowi juga akan menghadiri jamuan santap siang di Admiralty House. Acara tersebut digelar secara khusus oleh Gubernur Jenderal Persemakmuran Australia untuk para Kepala Negara/Pemerintahan peserta KTT Khusus ASEAN-Australia 2018.

“Siangnya itu retreat. Isu yang dibahas adalah isu yang berkembang di kawasan maupun dunia,” ungkap Retno.

Sore harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Wellington, Selandia Baru, guna melakukan kunjungan kenegaraan. (pro/obet/01)