Pengurus Ikawangi Dilantik, Kontribusi untuk Banyuwangi

0
KOMPAK: Pengurus dan Ketua Umum Penasehat Ikawangi, Arief Yahya yang juga Menteri Pariwitasata RI. (ist)

Reportase: Hansen

JAKARTA-kadenews.com: Ketua Umum Ikatan Kelurga Banyuwangi (Ikawangi) Jakarta yang terpilih 2018-2022, Bambang Sugiono menyampaikan keinginannya bahwa Ikawangi harus bermanfaat untuk orang Banyuwangi dan sekitarnya.

“Wadah ini tak hanya sekedar kumpul, tapi juga bermanfaat untuk orang Banyuwangi dan sekitarnya. Mumpung masih berkontribusi untuk Banyuwangi,” kata ketua umum yang sudah tiga kali terpilih memimpin paguyuban diaspora Banyuwangi di Jakarta dan sekitarnya.

Dalam acara yang diselenggarakan di RM Ikan Bakar Banyuwangi di Rawamangun Sabtu 20 Jan 2017 itu, Kang Bambang, orang Genteng yang juga Deputy Gubernur DKI saat ini, berharap semua jajarannya mampu mewujudkan keinginan tersebut.

Seperti gayung bersambut, Ketua Penasihat Ikawangi, Arief Yahya langsung memberi teladan dalam urusan kontribusi. Sebagai menteri Pariwisata, ia memperjuangkan bandara Banyuwangi sebagai bandara internasional.
“Kita pingin punya bandara internasional. Kalau tidak Banyuwangi tak akan menjadi destinasi dunia. Dan sekarang, pengelolaannya sudah dilakukan oleh Angkasa Pura,” kata Arief Yahya.

Memang perjalanan darat yang lebih dari tiga jam akan menyulitkan wisatawan. “Secara khusus saya minta ke menteri PU, saya minta jalan tol, dan jarak waktu tempuh dari Surabaya hanya tiga jam, tahun 2019 sudah selesai.

“Sebenarnya teman-teman Banyuwangi minta kereta double track, saya drop karena saya tidak mau dinilai sebagai menteri yg berlebihan meminta untuk kampung halamannya”, tambah Arief

Arief malah menantang diaspora Banyuwangi yang lain untuk ikut membangun tanah kelahirannya. “Untuk Banyuwangi, Atraksi saya tidak khawatir, kalau Akses sudah bagus, dan Amenity (hotel) akan datang sendiri,” begitu ia mengucap mantra 3A keberhasilan pariwisata.

Pengurus baru ini adalah hasil musyawarah Ikawangi yang dilaksanakan tanggal 17 Desember lalu. Kepengurusan saat ini melibatkan banyak organisasi-organisasi orang Banyuwangi yang lebih kecil, misalnya Damar84, Denjaka, Arisan Jebeng, Kamawangi, Magenta, Prajurit Blambangan, Arisan Rogojampi, Arisan Sanggar dan lain-lain.

Selain dihadiri oleh beberapa sesepuh dan penasihat, seperti Bapak Sutardjianto (mantan walikota Jakarta Barat), Bapak Rusdi Maksum (mantan direktur BIA), Bapak Boesairi Abdullah (mantan ketua Ikawangi), acara juga diramaikan oleh penampilan dua artis Banyuwangi Fitri Karlina dan Nini Karlina.

Embrio Ikawangi, yang merupakan paguyuban diaspora asal Banyuwangi di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Cilegon, sudah ada sejak 1972. Acara puncak dan monumental setiap tahun adalah, Halal Bihalan Ikawangi. Selain mengundang sejumlah kesenian dari Banyuwangi ke Jakarta, juga selalu dihadiri Bupati Banyuwangi.(*)

 

KOMPAK: Pengurus dan Ketua Umum Penasehat Ikawangi, Arief Yahya yang juga Menteri Pariwitasata RI. (ist)