Mobil Mewah, Tapi Nunggak Pajak

0

” Klub Ferrari, Jelang  Menusuk Jalan Raya”

Laporan : maz

Jakarta, kadenews.com 16.01.2018

~ Para pemilik dan pecandu mobil mewah ternyata menunggak pajak, dengan rincian, kendaraan pribadi sebanyak 744 kendaraan dengan tunggakan sebesar Rp 26,1 miliar, dan atas nama perusahaan dan badan mencapai Rp 18,8 miliar.

~ Mobil mewah seharga miliaran rupiah akhir-akhir ini tengah jadi polemik. Ini setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan sebanyak 1.293 mobil mewah yang  menunggak pajak, kemarin.

~  Berbeda dengan Anis,  Ketua Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI), Hanan Supangkat, menyebut pemilik Ferrari yang menunggak pajak sebenarnya relatif sangat sedikit.

~ “Populasi mobil Ferrari di Indonesia ada sekitar 400, yang masuk FOCI ada 100 mobil. Di anggota kita hanya sekitar 1 sampai 2 mobil saja yang belum bayar pajak,” ungkap Hanan kepada detikOto.

~ Dijelaskan, dari jumlah 1.293 mobil mewah yang menunggak pajak dengan tunggakan mencapai Rp 44,9 miliar, hanya ada 24 mobil Ferrari yang belum membayar pajak dengan tunggakan Rp 1,8 miliar.

~ “Jadi ya enggak perlu dibuka-buka ke publik. Kita juga warga negara yang taat pajak, sama-sama menggunakan jalan. Akan lebih baik diinformasikan secara persuasi atau dikirimi surat,” kata Hanan.

~ ia menambahkan, pemilik yang belum melunasi pajak mobilnya juga belum tentu tidak taat pajak.

~ “Dan belum bayar juga bukan karena tidak taat pajak. Menurut saya, kadang ada pemiliknya masih sibuk di luar negeri, dan sebagainya. Ada juga teman saya sudah bayar pajak, tapi belum terupdate datanya,” tandas Hanan.***